Presiden Beri Gamelan setelah Bangunan Sanggar di Cirebon Ambruk

Ahmad Rofahan    •    Rabu, 18 Apr 2018 11:50 WIB
bangunan ambruk
Presiden Beri Gamelan setelah Bangunan Sanggar di Cirebon Ambruk
Mendikbud Muhadjir Effendy di Cirebon, Medcom.id - Rofahan

Cirebon: Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memberikan seperangkat gamelan untuk dua sekolah  yang pelajarnya menjadi korban bangunan sanggar seni ambruk di Cirebon, Jawa Barat. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyampaikan hal tersebut saat menjenguk korban di RS Gunung Jati Cirebon, Rabu, 18 April 2018.

Bantuan diberikan kepada SMPN 1 Gegesik dan SMPN 3 Gegesik. Dua siswa dari sekolah tersebut selamat dari kejadian bangunan tua sarang burung walet di Desa Gegesik Wetan ambruk dua hari lalu.

Reruntuhan bangunan menimpa sebuah gedung sanggar di sebelahnya. Di saat bersamaan, sebelas siswa tengah berlatih menarik di sanggar. Tujuh orang tewas dalam kejadian tersebut.

Baca: 7 Orang Tewas Tertimpa Bangunan Tua

Muhadjir mengatakan Presiden berharap semangat korban untuk belajar kesenian tak luntur akibat kejadian tersebut. Justru, korban semakin bersemangat melestarikan kesenian bangsa.

"Jadi nanti belajarnya di sekolah," kata Muhadjir.

Selain dua sekolah tersebut, Muhadjir juga menyampaikan bantuan pada pemilik sanggar. Sebab bangunan tersebut rusak parah.


(RRN)