Jalur Puncak Kembali Dibuka Usai Longsor

Rizky Dewantara    •    Sabtu, 31 Mar 2018 12:54 WIB
longsorbencana longsor
Jalur Puncak Kembali Dibuka Usai Longsor
foto Istimewa

Bogor: Jalur Puncak Bogor pascalongsor yang terjadi di Desa Ciloto, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat sudah bisa dilintasi. Tapi, kendaraan yang lewat dibatasi.

"Hari ini sudah bisa kami buka, tapi tidak semua kendaraan, hanya mobil dan motor saja. Saya sangat paham jalur puncak Cianjur menjadi favorit masyarakat saat musim liburan," kata Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto, di lokasi saat meninjau lokasi longsor di kawasan Puncak Pass, Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Sabtu, 31 Maret 2018.

Baca: 3 Bangunan Rusak Parah Akibat Longsor di Puncak

Meski demikian, sambung Agung, pihaknya mengutamakan keselamatan masyarakat karena kawasan longsor sedang diperbaiki. Oleh karena itu pihaknya akan menerapkan buka-tutup jalan yang akan dilakukan malam ini.

"Adanya petugas yang berjaga saat proses perbaikan di lokasi longsor dan memberikan rambu-rambu bagi kendaraan yang akan melintasi daerah terkena longsor," ujar Agung. 

Seperti diketahui longsor susulan terjadi di Puncak Pass, Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Kamis, 29 Maret 2018. Akibatnya membuat Jalur Puncak Gunung Mas-Ciloto terpaksa kembali ditutup.

Saat ini sambung Agung Kementerian Pekerjaan Umum (PU) dan SKPD Cianjur sedang memperbaiki kawasan longsor. "Mereka akan memampras daerah lereng sebelah kiri yang terkena longsor, sehingga posisi jalan akan lebih lebar. Juga 16 rumah yang ada disekitar tempat longsor akan dipindahkan," ujar Agung. 



(ALB)