Ratusan Warga Terdampak Luapan Kali Bekasi

Antonio    •    Jumat, 14 Dec 2018 17:34 WIB
banjir
Ratusan Warga Terdampak Luapan Kali Bekasi
BPBD Kota Bekasi bersama dengan sejumlah instansi terkait mendirikan dapur umum untuk warga yang terdampak banjir di Kampung Lekak, Telukpucung, Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat, 14 Desember 2018. Antonio/Medcom.id.

Bekasi: Sebanyak 120 orang yang tinggal di bantaran kali terdampak luapan Kali Bekasi, Jumat, 14 Desember 2018 dini hari. Ketinggian air bahkan sempat mencapai 150 sentimeter di Kampung Lenkak, Telukpucung, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi, Haryono mengatakan, penyebab banjir kali ini ialah curah hujan yang tinggi dan arus Kali Bekasi yang cukup deras.

"Yang terdampak ada 120 warga akibat arus Kali Bekasi. Tadi sudah didirikan dapur umum," kata Haryono di Bekasi, Jawa Barat.

Haryono menjelaskan, pihaknya menerjunkan tim untuk melakukan evakuasi warga yang terdampak banjir tersebut. Masyarakat yang terdampak dievakuasi ke tempat yang lebih tinggi.

"Petugas terlatih bersiap untuk membantu penanganan bencana dan upaya-upaya memberikan pertolongan kepada korban," ungkap Haryono. 

Menurut dia, BPBD Kota Bekasi akan terus memantau kondisi ketinggian air Kali Bekasi. Karena, pada Pukul 01.00 WIB, Tinggi Muka Air sudah mencapai 625 dan sudah masuk siaga 2. 

"Wilayah Teluk Pucung dan Bekasi Timur tersebut masuk di daerah aliran sungai (DAS) Kali Bekasi. Kita terus pantau ketinggian airnya," ujar Haryono.


(DEN)