HUT ke-492, Serang Anggarkan Ribuan Beasiswa

   •    Minggu, 07 Oct 2018 14:27 WIB
beasiswa
HUT ke-492, Serang Anggarkan Ribuan Beasiswa
Bupati Serang berfoto bersama anak-anak di Kabupaten Serang, dok istimewa

Serang: Kabupaten Serang, Banten, merayakan ulang tahun ke-492 pada Minggu, 8 Oktober 2018. Pemerintah Kabupaten Serang pun berkomitmen meningkatkan mutu sumber daya manusia dan masyarakat setempat. Satu di antaranya dengan tidak membiarkan siswa putus sekolah.

Caranya, kata Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah melalui keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, yaitu mengucurkan dana beasiswa. Pada 2018, ungkap Tatu, Pemkab menganggarkan lebih Rp1 miliar untuk dana beasiswa 1.025 siswa SD. Masing-masing siswa akan menerima beasiswa Rp1 juta per tahun.

"Beasiswa juga diberikan kepada ribuan siswa SMP dan SMA di Serang," ujar Tatu.

Ada pula beasiswa untuk pendidikan vokasi untuk 25 mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) dan 7 mahasiswa Universitas Indonesia. Beasiswa itu dikhususkan kepada putra daerah.

Biaya pendidikan juga mengucur ke guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebesar Rp1,62 miliar; insentif guru PAUD Rp5,04 miliar; dan fasilitas keaksaraan dari Paket A hingga Paket C sebesar Rp33 miliar. Pendidikan nonformal pun mendapat perhatian, seperti guru TPQ, tenaga kerja kontrak, dan guru tak tetap.

Terkait infrastruktur, Tatu juga menargetkan tak ada lagi bangunan sekolah yang rusak di Serang. Saat ini, masih 1.258 sekolah rusak di Serang. Pemkab menyediakan anggaran Rp26,56 miliar untuk memperbaiki kerusakan tersebyt.

Tagline ini pula seperti menggambarkan kepemimpinan Bupati Serang Tatu Tatu Chasanah dan Wakil Bupati Pandji Tirtayasa. Bekerja sepenuh hati dan menuai banyak prestasi untuk Bangsa, untuk masyarakat Kabupaten Serang. Prestasi yang diraih adalah wujud nyata kesungguhan keduanya menciptakan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Serang.

Saat awal memimpin Kabupaten Serang, 17 Februari 2016, Tatu-Pandji dihadapkan pada banyak masalah pembangunan. Dengan jumlah penduduk Kabupaten Serang sebanyak 1.484.502 jiwa, keduanya menghadapi berbagai persoalan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat yang harus diurai dan dicarikan solusi.


 


(RRN)