Puluhan Kendaraan Putar Balik dari GT Tambun

Antonio    •    Senin, 03 Dec 2018 12:44 WIB
sistem ganjil genap
Puluhan Kendaraan Putar Balik dari GT Tambun
Kendaraan putar balik karena bepelat nomor genap pada tanggal ganjil di Gerbang Tol Tambun, Bekasi, Senin, 3 Desember 2018, Medcom.id - Antonio

Bekasi: Sebanyak 59 mobil diarahkan untuk memutar balik dan tidak bisa masuk ke jalur tol dari Gerbang Tambun, Bekasi, Jawa Barat menuju Jakarta. Hal itu dikarenakan sedang dilakukan uji coba sistem ganjil-genap di gerbang tol tersebut.

Pada Senin, 3 Desember 2018, kendaraan dengan pelat nomor genap tak bisa melintas. Sehingga kendaraan harus putar arah.

"Untuk yang tidak sesuai ada 59 kendaraan. Bagi yang tidak itu sesuai diputarbalik," kata Humas PT Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek, Hendra Damanik di Bekasi.

Hendra menambahkan uji coba sistem ganjil-genap dilakukan pukul 06.00 sampai dengan 09.00 WIB. Uji coba dilaksanakan dua pekan ke depan.

"Diharapkan pengguna kendaraan pribadi dapat beralih ke transportasi massal," ujarnya.

Melalui keterangan tertulisnya, AVP Corporate Communications PT Jasa Marga, Dwimawan Heru menjelaskan, penambahan area kebijakan ganjil-genap dimaksudkan untuk lebih meningkatkan efektivitas pemberlakuan kebijakan ganjil genap dalam mengurai kepadatan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Terkait hal ini, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) telah menyiapkan sejumlah angkutan massal, yaitu bus premium, sebagai transportasi pilihan selain kendaraan pribadi bagi masyarakat yang ingin menuju ke arah Jakarta.

Bagi pengguna jalan tol yang akan menggunakan bus premium, khusus untuk bus keberangkatan dari Grand Wisata mulai pukul 05.20-15.00 WIB dengan tujuan Blok M, BSD Tangerang, Kelapa Gading, Mangga Dua, Tanah Abang, Kuningan, Manggarai, Pondok Indah, Harmoni dan Paragon.

Kebijakan ini sejalan dengan tiga paket kebijakan yang telah berlaku sebelumnya yaitu pemberlakuan kebijakan ganjil genap di GT Bekasi Barat dan GT Bekasi Timur arah Jakarta, pembatasan jam operasional angkutan barang golongan III, IV dan V arah Jakarta dan Cikampek serta pemberlakuan lajur khusus angkutan bus di tol yang berlaku setiap Senin hingga Jum’at pukul 06.00–09.00 WIB, kecuali hari libur nasional.

“Kami berharap penambahan area pemberlakuan ganjil genap ini dapat efektif meningkatkan kelancaran lalu lintas di Ruas Tol Jakarta-Cikampek khususnya pada jam sibuk ke arah Jakarta," kata Raddy R. Lukman, General Manager Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek.


(RRN)