Sampah Bandung Naik 400% di Malam Tahun Baru

Roni Kurniawan    •    Senin, 31 Dec 2018 15:48 WIB
sampahperayaan natal dan tahun baru
Sampah Bandung Naik 400% di Malam Tahun Baru
Warga menikmati suasana taman alun-alun, Bandung, Jawa Barat. MI/Rommy Pujianto

Bandung: Direktur Utama Perusahaan Daerah (PD) Kebersihan Kota Bandung Deni Nurdiana memprediksi peningkatan volume sampah sebesar 400 persen pada malam pergantian tahun. Peningkatan volume sampah diprediksi akan terjadi di tempat keramaian seperti Alun Alun Bandung.

Volume sampah di tempat keramaian seperti Alun Alun Bandung pada hari biasa hanya sekitar 8 ton. Namun, sampah diprediksi akan mencapai 28 ton di malam ini.

Petugasnya telah mengambil langkah antisipasi. Di antaranya menyiapkan alat dan personel tambahan.

"Jadi kita sudah siapkan 7 truk sebagai bantuan di wilayah Alun Alun Bandung," kata Deni di kantornya, Jalan Surapati, Kota Bandung, Senin, 31 Desember 2018.

Lima titik menjadi perhatian khusus terkait melejitnya volume sampah di malam tahun baru. Lima titi tersebuk yakni Alun Alun Bandung (meliputi Jalan Asia Afrika, Cikapundung dan Braga), Jalan Otto Iskandardinata (Pasar Baru sampai Tegalega), Ujungberung, Cihampelas, dan kawasan Gasibu serta Dago.

"Di lima titik itu berdasarkan pengalaman tahun kemarin biasanya ada peningkatan volume sampah. Jadi kita siagakan petugas yang lebih banyak di lima titik itu, yang biasanya 10 orang menjadi 20 atau 30 orang," tuturnya.

Deni mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan. Pihaknya telah menyiapkan tempat sampah serta 150 troli yang disiapkan agar memudahkan masyarakat membuang sampah.

"Kebanyakan sampah biasanya botol-botol minuman plastik, kemudian kemasan-kemasan makanan, organik sisa-sisa makanan," kata dia.

"Bantu kami para petugas kebersihan agar bisa bersahabat jangan buang sampah sembarangan," lanjut Deni.


(SUR)