Tiga Rumah di Cirebon Ambruk Akibat Pergeseran Tanah

Ahmad Rofahan    •    Senin, 12 Nov 2018 16:54 WIB
pergeseran tanahpergerakan tanah
Tiga Rumah di Cirebon Ambruk Akibat Pergeseran Tanah
Rumah yang rusak parah akibat pergerakan tanah di Desa Ciwaringin, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Medcom.id/Ahmad Rofahan

Cirebon: Tiga rumah di Desa Ciwaringin, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, rusak parah akibat terjadinya pergerakan tanah. Fenomena ini terjadi karena gerusan arus sungai ke tanggul yang digunakan membangun rumah.

Kepala Desa Ciwaringin Nurhayati Endang Ekawati menuturkan, jumlah rumah yang terdampak pergerakan tanah ini mencapai puluhan rumah. Mayoritas rumah-rumah tersebut berada di pinggir Sungai Ciwaringin.

"Rusak parah tiga rumah, satu rumah sudah amblas sedalam 50 cm, dan puluhan rumah lainnya juga terdampak," ujar Nurhayati di Cirebon, Senin 12 November 2018.

Menurut Nurhayati, pergerakan tanah di wilayahnya sudah berlangsung cukup lama. Pihaknya juga sudah mengajukan permohononan perbaikan ke pemerintah. Namun, hingga kini belum ada tindak lanjut.

"Tahun 2016 kita sudah ajukan bantuan untuk perbaikan masalah ini," kata Nurhayati.

PLH Bupati Cirebon Rahmat Sutrisno yang melakukan kunjungan ke lokasi mengaku perihatin. BPBD Kabupaten Cirebon diperintahkan untuk mengecek lokasi. "Kita juga nanti akan rapat membahas langkah selanjutnya," ujar Rahmat.

Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan pihak BBWS untuk membicarakan masalah ini. Menurut Rahmat pihak BBWS yang berwenang untuk menangani masalah sungai ini.

"Kita akan berkoordinasi dengan Pemprov Jabar terutama BBWS untuk masalah ini," kata Rahmat.


(SUR)