Peserta Ekspedisi NKRI Siap Bertugas di Papua Bagian Selatan

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Jumat, 21 Jul 2017 10:45 WIB
nkri
Peserta Ekspedisi NKRI Siap Bertugas di Papua Bagian Selatan
Upacara pelepasan peserta Ekspedisi NKRI ke Papua bagian selatan di Kabupaten Bandung Barat, MTVN - Octavianus

Metrotvnews.com, Ngamprah: Ribuan peserta ekspedisi NKRI menghadiri apel di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Mereka dilepas untuk bertugas melaksanakan ekspedisi di Koridor Papua Bagian Selatan.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani memimpin upacara pelepasan peserta ekspedisi. Upacara berlangsung di Lapangan Pusat Pendidikan Korps Pasukan Khusus (Kopassus) di Jalan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jumat 21 Juli 2017.

Puan menyematkan pin dan menyerahkan Bendera Merah Putih pada utusan peserta. Itu menunjukkan penyerahan tugas kepada peserta ekspedisi.

"Dengan ini, peserta ekspedisi NKRI Koridor Papua bagian selatan Tahun 2017 resmi dilepas," ujar Puan dalam pidato pelepasan peserta.


(Puan Maharani memimpin upacara pelepasan peserta Ekspedisi NKRI 2017 ke Papua bagian selatan, MTVN - Octavianus)

Puan mengatakan kegiatan itu merupakan rangkaian dari penyelenggaraan Ekspedisi NKRI 2017. Ekspedisi berakhir pada 28 Oktober 2017.

"Nantinya dengan berakhirnya ekspedisi ini maka lengkaplah sudah ekspedisi dari Sabang sampai Merauke," ujarnya.

Puan menjelaskan tugas peserta ekspedisi untuk mendata dan meneliti potensi sumber daya alam serta manusia. Kegiatan itu bertujuan meningkatkan kesejahteraan sosial.

Menurut Puan, kegiatan itu sesuai dengan tema yang diusung. Yaitu Peduli Masyarakat dan Lestarikan Alam.

Puan pun menyampaikan terima kasih pada Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Mayjen TNI Madsuni, masyarakat, dan media. Puan menilai mereka aktif mendukung ekspedisi.

"Selamat jalan dan laksanakan ekspedisi dengan baik. Sampai jumpa di Merauke pada 28 oktober yang akan datang," pungkasnya.

Peserta ekspedisi berjumlah 1.197 orang. Peserta berasal dari berbagai kalangan mulai dari mahasiswa, TNI, Polri, resimen mahasiswa, hingga peneliti.


(RRN)