Global Insani tak Terdaftar di Kemenag

Ahmad Rofahan    •    Jumat, 28 Jul 2017 18:21 WIB
investasi bodong
Global Insani tak Terdaftar di Kemenag
Ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com,Cirebon: Sebuah Lembaga yang menamakan diri Global Insani menjanjikan umrah murah kepada nasabahnya hanya dengan biaya Rp8 juta. Nyatanya, lembaga itu tak terdaftar di Kemenag Kabupaten Cirebon.

Kepala Seksi Urusan Haji Kemenag Cirebon, Muslim, mengatakan, setiap biro perjalanan yang akan melakukan umrah, pasti akan berkoordinasi dengan Kemenag Cirebon. "Belum pernah ada permintaan dari Global Insani," kata Muslim di Cirebon, Jumat 28 Juli 2017.

Muslim menegaskan, Kemenag Kabupaten Cirebon belum pernah melihat ataupun mengeluarkan izin Golbal Insani untuk mengurus perjalan umrah. Untuk perizinan biro perjalanan umrah merupakan kewenangan pusat. 

Baca: Ribuan Orang Dijanjikan Umrah Hanya dengan Rp8 Juta

Ia mengaku tak begitu paham terkait permasalahan Global Insani. Pihaknya saat ini sedang mendalami dugaan penipuan terhadap 2.000 orang dengan iming-iming biaya umrah Rp8 juta.

"Kami sedang dalami terkait permasalahan Global Insani yang saat ini sedang mencuat," kata Muslim. Ia juga mengakui, mendapatkan surat dari Kemenag Provinsi, diminta untuk menjelaskan kasus yang dilakukan oleh lembaga tersebut. 

Seperti diberitakan sebelumnya, ribuan warga dari Cirebon dan sekitarnya menjadi korban investasi ilegal yang dilakukan oleh Global Insani. Lembaga tersebut menjanjikan perjalanan umrah dengan hanya biaya Rp8juta. 

Namun kenyataannya, saat ini ribuan nasabahnya belum diberangkatkan umrah. Kasus ini sedang ditanganiTim Waspada Investasi dan OJK Cirebon.



(ALB)