Cirebon Bongkar-Pasang Susunan Keberangkatan Calon Haji

Ahmad Rofahan    •    Selasa, 01 Aug 2017 13:04 WIB
haji 2017
Cirebon Bongkar-Pasang Susunan Keberangkatan Calon Haji
Calon jemaah haji sedang meminta kejelasan keberangkatan di Kantor KBIH Islamic Center Cirebon. (Metrotvnews.com/Ahmad Rofahan)

Metrotvnews.com, Cirebon: Ratusan visa milik jemaah calon haji asal Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, belum terbit. Imbasnya, sejumlah jadwal keberangkatan terpaksa diubah.

Ketua KBIH Islamic Center Kabupaten Cirebon, Karna Sami, mengatakan, 38 dari total 78 calon haji yang tergabung dalam KBIH-nya belum mendapat visa. Mestinya, mereka tergabung dalam kloter 7 dan diberangkatkan pada 29 Agustus.

Dia tak mau jemaah yang tergabung dalam KBIH-nya terpisah. Karna meminta keberangkatan digeser ke 1 Agustus, gabung dengan kloter 14. 

“Ternyata visanya belum keluar juga. Akhirnya kita minta mundur lagi untuk gabung di kloter 22 dan diberangkatkan pada 3 Agustus,” kata Karna di Cirebon, Selasa, 1 Agustus 2017.

Namun hingga saat ini, Karna mengaku belum mendapatkan kepastian ihwal visa para calon haji tersebut.

Sementara itu, Kasi Urusan Haji Kemenag Kabupaten Cirebon, Muslim, membenarkan kondisi tersebut. Menurutnya masih ada sekitar 500-an calon haji yang visanya belum turun. Namun ia tidak bisa menjelaskan kapan visa akan turun dan apa penyebabnya.

“Ada visa yang belum turun memang benar, namun kapan akan turun dan alasannya apa, saya tidak tidak tahu,” kata Muslim.

Ia juga membenarkan adanya bongkar pasang susunan calhaj yang diberangkatkan dalam sejumlah kloter, karena keterlambatan visa ini. Pihaknya mendahulukan jemaah yang visanya sudah jadi, walaupun seharusnya tidak tergabung dalam kloter tersebut.

“Karena kita harus memenuhi kuota setiap kloternya. Jadi ada yang maju ada yang mundur” kata Muslim.


(SAN)