NasDem Buka Penjaringan Bakal Calon Wali Kota Bandung

Roni Kurniawan    •    Jumat, 28 Jul 2017 19:50 WIB
pilkada 2018
NasDem Buka Penjaringan Bakal Calon Wali Kota Bandung
Jumpa pers di Kantor DPD Partai Nasdem Kota Bandung, MTVN - Roni

Metrotvnews.com, Bandung: Dewan Pimpinan Daerah Partai Nasional Demokrasi (DPD NasDem) Kota Bandung, Jawa Barat, akan membuka proses penjaringan bakal calon wali kota Bandung untuk periode 2018-2023. Penjaringan tersebut akan dimulai pada 29 Juli hingga 10 Agustus 2017.
 
Menurut Ketua DPD Partai NasDem Kota Bandung Herry Mos, dalam proses penjaringan tersebut diharapkan bisa berjalan dengan lancar dan bisa menghadirkan sosok calon kepala daerah yang memiliki kapasitas.

"Selain itu kita harapkan juga dapat persembahkan kepala daerah yang memiliki kapabilitas selain elektabilitasnya tinggi untuk berpeluang menang di Pilkada serentak ini," kata Herry saat jumpa pers di Kantor DPD Partai Nasdem Kota Bandung, Jalan AH Nasution, Jumat 28 Juli 2017.

Ia menegaskan, dalam proses penjaringan tersebut Partai NasDem tidak memungut biaya sepeser pun atau mahar dari bakal calon. Hal itu diakuinya sebagai komitmen Partai NasDem untuk menjaring para calon kepala daerah terbaik agar tidak memiliki beban.

Sementara itu Ketua Badan Pemilihan Umum Partai NasDem Uung Tanuwijaya mengatakan, proses pendaftaran tersebut memiliki tiga tahapan. Pertama terbuka untuk umum, kedua jalur undangan yang telah dilakukan komumikasi, dan ketiga jalur internal atau kader terbaik.

"Setelah itu mekanismenta kami akan lakukan survei dan kami akan cari tiga orang terbaik yang akan dikirim ke DPP untuk ditetapkan satu nama yang mewakili NasDem di Kota Bandung," pungkas Uung.

Sementara itu, Partai NasDem kini mempunyai empat kursi di DPRD Kota Bandung. Jumlah tersebut tentunya tidak cukup untuk mengusung calon wali kota Bandung. Sebab KPU memberlakukan peraturan untuk calon yang diusung harus memiliki minimal 10 kursi di DPRD.


(RRN)