Penutupan PON Malam Ini tak Kalah Meriah dari Pembukaan

Jaenal Mutakin    •    Kamis, 29 Sep 2016 11:03 WIB
pon 2016
Penutupan PON Malam Ini tak Kalah Meriah dari Pembukaan
Suasana pesta kembang api saat pembukaan Pekan Olahraga Nasional XIX di Gelora Bandung Lautan Api, Jawa Barat, Sabtu (17/9/2016). (Media Indonesia/Rommy Pujianto)

Metrotvnews.com, Bandung: Pekan Olahraga Nasional XIX/2016 Jawa Barat telah memasuki hari terakhir. Malam nanti, perhelatan itu bakal ditutup. Upacara penutupan bakal dipusatkan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Gedebage, Kota Bandung, Kamis, 29 September.

Penutupan ajang empat tahunan itu diklaim tidak kalah menarik dari pembukaan. Acara bertema Harmoni Nusantara untuk Papua itu bakal dimeriahkan aneka hiburan rakyat.

"Penutupan nanti malam tidak akan kalah menariknya dari pembukaan. Disiapkan 21.000 kursi, sama seperti pembukaan. Akan ditutup Wakil Presiden Jusuf Kalla," ujar Iwa Karniwa, Ketua Harian PON XIX/2016, di Gedung Sate, Bandung.

Iwa menuturkan, hiburan rakyat tetap menjadi andalan, sesuai pesan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. "Kegiatan ini menggunakan APBD dari akumulasi pajak yang dibayar masyarakat, jadi acaranya pun harus bisa menyenangkan masyarakat," tutur Iwa.

Wakil Presiden Jusuf Kalla dijadwalkan tiba di Bandara Husein Sastranegara pukul 18.30 WIB. Upacara dimulai pukul 19.30 WIB, diawali dengan paduan suara dari Unpad.

"Setelah paduan suara akan ada persembahan rampak kendang oleh Samba Sunda dan seniman Jabar, dilanjut devile, laporan PON, sambutan Wakil Presiden dan penutupan dengan menekan buzzer oleh Wapres, Menpora, Gubernur Jabar, dan Koni Pusat," tambah Iwa.

Selain itu akan ada 30 musisi Jabar, ribuan penari kolosal bertemakan Harmoni Nusantara melibatkan penari dari UPI dan sanggar tari, akan disiarkan langsung oleh beberapa TV swasta.


(SAN)