Bawaslu Ajak Masyarakat Aktif Awasi Pemilu 2019

Hendrik Simorangkir    •    Selasa, 04 Sep 2018 18:59 WIB
pilegpilpres 2019
Bawaslu Ajak Masyarakat Aktif Awasi Pemilu 2019
Ketua Bawaslu Kabupaten Tangerang Andi Irawan memberikan Sosialisasi Pengawasan Pemilu 2019 di Hotel Amaris, Panongan, Kabupaten Tangerang. Medcom.id/Hendrik Simorangkir

Tangerang: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tangerang berharap masyarakat berpartisipasi dengan aktif mengawasi perhelatan Pemilu 2019. Model pengawasan partisipatif dinilai efektif untuk mencegah terjadinya kecurangan dalam pemilu.

"Pengawasan proses Pemilu 2019 menjadi tanggung jawab bersama dan bisa berjalan lebih efektif jika ada pengawasan partisipatif dari masyarakat. Karena Bawaslu perlu bantuan berbagai pihak," ujar Ketua Bawaslu Kabupaten Tangerang Andi Irawan di sela-sela kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu 2019 di Hotel Amaris, Panongan, Kabupaten Tangerang, Banten, Selasa, 4 September 2018.

Pihaknya merangkul pihak yang dianggap potensial untuk meneruskan informasi kepada masyarakat luas terkait pengawasan pemilu. Di antaranya organisasi kemasyarakatan, organisasi kepemudaan, tokoh masyarakat, tokoh agama, lembaga swadaya masyarakat hingga media massa.

"Kadang ada hal-hal tidak terjangkau. Tentunya kita libatkan masyarakat berpartisipasi membantu dalam proses pengawasan pemilu," jelas Andi.

Pendekatan kultural kepada masyarakat disebutnya lebih efektif. Sebab, masyarakat menjadi paham informasi terkait proses pemilu jika ada peran pengawas.

"Mereka memiliki peran dalam mendukung terwujudnya pemilu yang tertib, aman dan damai," katanya.

Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banten Ali Faisal mengatakan, menyebut peran pengawasan masyarakat di antaranya melakukan pencegahan pelanggaran.

"Masyarakat jika melihat tindakan yang masuk kategori pelanggaran, harus bisa mencegah. Tentu dengan adanya pencegahan melalui komunikasi yang baik, pelanggaran itu tidak akan terjadi," kata Ali.
 


(SUR)