Tb Hasanuddin Berjanji Tuntaskan Masalah Ganti Rugi Waduk Jatigede

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Senin, 09 Apr 2018 18:35 WIB
pilgub jabar 2018
Tb Hasanuddin Berjanji Tuntaskan Masalah Ganti Rugi Waduk Jatigede
Kang Hasan mendatangi area Waduk Jatigede Sumedang, Senin 8 April 2018, Medcom.id - Octa

Sumedang: Proyek Waduk Jatigede, Sumedang, Jawa Barat, masih menyisakan masalah yaitu ganti rugi pembebasan lahan dan relokasi warga. Calon gubernur Jawa Barat Tb Hasanuddin pun menjanjikan menuntaskan masalah tersebut dalam waktu tiga tahun.

Hasanuddin menilai masalah ganti rugi harus segera diselesaikan. Komunikasi yang intens diperlukan.

"Jadi aksinya bisa lebih cepat dan ada win-win solution bagi masyarakat dan pemerintah," kata pria yang disapa Kang Hasan saat menemui masyarakat terdampak proyek Jatigede di Lapangan Karedok, Sumedang, Senin, 9 April 2018.

Bukan hanya memenuhi target proyek, menurut Kang Hasan, pemerintah pun harus memperjuangkan nasib warga terdampak. Sehingga mereka yang merelakan lahannya untuk proyek tersebut pun dapat memiliki tempat tinggal pengganti dan penghasilan.

Bandingah, 42, warga terdampak Jatigede, mengaku merelakan tempat tinggalnya sebagai lahan waduk. Bandingah mengatakan sudah mendapat ganti rugi namun tak sepadan. Sebab, dana ganti rugi tak bisa digunakan untuk membangun rumah baru.

"Uang gantinya hanya untuk beli tanah sepetak, dan rumahnya enggak selesai-selesai sampai sekarang, karena tidak cukup," ungkapnya.

Lain halnya dengan Maryatun, warga Desa Paritan. Ia kehilangan sawahnya. Tapi ia sulit mendapatkan pekerjaan.

"Dulu, beras saya gak harus beli karena punya sawah, sekarang harus beli," ungkap Maryatun.



(RRN)