GT Cikarang Utara Hanya Bisa Diakses dari Arah Jakarta dan Cikarang

Antonio    •    Senin, 27 Aug 2018 16:53 WIB
infrastruktur
GT Cikarang Utara Hanya Bisa Diakses dari Arah Jakarta dan Cikarang
GT Cikarang Utara akab dibuka nanti malam. Akses ini dibuka agar kendaraan bertonase besar dari Pelabuhan Tanjung Priok dan melintas di dalam Jalan Tol Jakarta-Cikampek lebih mudah untuk menuju ke pelabuhan daratan (dry port) di Kawasan Jababeka, Cikarang

Bekasi: Gerbang Tol Cikarang Utara hanya dapat diakses oleh kendaraan dari arah Jakarta menuju Pelabuhan Daratan Cikarang atau Cikarang Dry Port yang ada di Jababeka, Cikarang, Kabupaten Bekasi dan sebaliknya.

Humas Jasa Marga Cabang Jakarta Cikampek, Irwansyah mengatakan, tidak ada akses bagi kendaraan dari arah Cikampek untuk keluar dari GT Cikarang Utara.

“Hanya dari Jakarta dan menuju Jakarta. Memang diprioritaskan untuk pelayanan peti kemas supaya mempercepat. Karena dari situ masuk langsung ke dry port,” kata dia di Bekasi, Senin 27 Agustus 2018.

Ia menjelaskan, kendaraan pribadi dari arah Jakarta atau  dari arah Cikarang diperbolehkan masuk ke dalam Tol Jakarta Cikampek melalui GT Cikarang Utara.

“Karena memang disitu kan juga ada rumah-rumah masyarakat. Tapi memang tujuan utama untuk lebih mempercepat transaksi yang dari Pelabuhan Tanjung Priok masuk ke dry port Cikarang,” ujarnya.

Tarif di GT Cikarang Utara mengacu pada Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 561/KPTS/M/2018 tanggal 20 Agustus 2018.

“Sesuai dengan SK yang ada, golongan satu Rp. 4.500, golongan dua dan tiga Rp. 6.500 dan golongan empat dan lima Rp. 9000,” jelasnya.

Diketahui bahwa, Gerbang Tol (GT) Cikarang Utara akan mulai beroperasi pada Pukul 00.00 WIB, Selasa 28 Agustus 2018 atau malam ini. GT Cikarang Utara dibuka agar kendaraan bertonase besar dari Pelabuhan Tanjung Priok dan melintas di dalam Jalan Tol Jakarta Cikampek lebih mudah untuk menuju ke pelabuhan daratan (dry port) di Kawasan Jababeka, Cikarang, Kabupaten Bekasi.


(ALB)