Emil Pelototi Aliran Dana ke Disdik Kota Bandung

Roni Kurniawan    •    Kamis, 20 Oct 2016 15:58 WIB
pungutan liar
Emil Pelototi Aliran Dana ke Disdik Kota Bandung
Ilustrasi. Foto: Antara/Yusran Uccang

Metrotvnews.com, Bandung: Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (Emil) tak akan berhenti pada pencopotan 9 kepala sekolah karena terbukti memungut uang haram atau pungli. 

Dia berniat menyelidiki aliran dana di Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung. Hal itu dilakukan untuk mengetahui lebih jauh praktik pungli di seluruh sekolah negeri di Kota Bandung, mulai dari SD, SMP, hingga SMA.

"Hukuman internal (pemecatan 9 kepala sekolah) sebagai shock therapy bagi kepala sekolah lain," ujar Emil, di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Kamis (20/10/2016).

Inspektorat Kota Bandung memberi sanksi 19 kepala sekolah yang menyalahgunakan wewenang. Sembilan di antaranya dipecat karena terbukti pungli. Pungli yang dilakukan tercatat miliran rupiah. Namun, Emil tak membeberkan rinciannya.

"Data ada di inspektorat. Kalau dijumlah ada miliaran rupiah," kata dia.

Atas penemuan kasus ini, Emil menegur Kepala Disdik Kota Bandung Elih Sudiapermana. Pasalnya, praktik pungli itu terjadi saat proses pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2016, Juni silam.

"Ini teguran kepada kadisdik agar menegakkan Perwal (Peraturan Wali Kota) PPDB. Aturan sudah baik, tapi kontrol dari Disdik di lapangan tidak sempurna sehingga banyak peluang terjadinya pelanggaran," ujarnya.

Emil menegaskan pegawai Disdik yang terbukti pungli akan langsung dipecat. "Pelayanan pendidikan harus setara. Tidak boleh ada peserta didik yang masuk dengan cara yang tak sesuai aturan," kata dia.

 


(UWA)