Ribuan Warga Jabar Padati Tegalega

Roni Kurniawan    •    Minggu, 19 Mar 2017 08:18 WIB
pilkada jabar
Ribuan Warga Jabar Padati Tegalega
Suasana jelang deklarasi dukungan Partai Nasdem untuk Ridwan Kamil pada PIlgub Jabar 2018 di Lapangan Tegalega, Bandung, Minggu, 19 Maret 2017. (Metrotvnews.com/Roni Kurniawan)

Metrotvnews.com, Bandung: Sejak pukul 06.00 WIB, Minggu, 19 Maret 2017, ribuan orang telah berdatangan ke kawasan Monumen Bandung Lautan Api (Tegalega). Mereka ingin menjadi saksi deklarasi dukungan Partai NasDem terhadap Ridwan Kamil untuk maju ke Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018.

Mayoritas warga mengenakan kaos Partai NasDem bergambar Ridwan Kamil. Pada bagian depan, bertuliskan "For Jabar". Mereka secara teratur duduk di kursi yang telah disediakan oleh panitia.

Bahkan mereka pun menyempatkan diri untuk sarapan pagi di kawasan Tegalega yang dibawa dari daerah masing-masing dan makan bersama di kawasan tersebut.

Seperti halnya dilakukan masyarakat dari Garut yang bertolak ke Bandung sejak Minggu sekitar pukul 04.00 WIB.

"Dari Garut ada sekitar tiga bus tadi subuh, sampai sini (Tegalega) sekitar jam setengah enam," kata Maman, 49, salah seorang warga Garut.

Maman mengaku, bersama ratusan rekannya dari Garut sangat mendukung Ridwan Kamil untuk menjadi Gubernur Jabar periode 2018-2023. Ia menginginkan pembangunan di Jabar seperti terjadi di Bandung terutama dari sisi infrastruktur.

"Ya mudah-mudahan kalau Pak Emil (sapaan akrab Ridwan Kamil) jadi gubernur, Garut bisa lebih diperhatikan," tuturnya.

Hal senada diungkapkan simpatisan dari Kabupaten Sukabumi, seperti Dadang, 47. Dia begitu antusias mendukung Emil. Alasan pun tak jauh beda dari warga Garut, yakni ingin pembangunam di Jabar lebih merata.

"Iya supaya Sukabumi juga bagus kaya Bandung. Biar bisa merasakan kepemimpinan Kang Emil juga, jadi enggak hanya Bandung saja tapi semua warga Jabar," tuturnya di tempat yang sama.

Sementara itu, menurut Ervan salah seorang petugas UPT Parkir dari Dinas Perhubungan Kota Bandung, ratusan bus dari berbagai wilayah di Jabar telah berdatangan ke kawasan Tegalega sejak pukul 06.00 WIB. Bahkan ia memprediksi masih ada bus lain yang akan berdatangan.

"Dapat info masih ada yang di perjalanan. Tadi saja pas jam enam sudah datang sekitar 100 bus dari mana-mana," tutur Ervan di kawasan parkir Tegalega Bandung.

Sementara itu, berdasarkan jadwal yang diterima dari panitia, acara deklarasi dilakukan pada pukul 10.00 WIB. Ridwan Kamil diarak ratusan warga dari Pendopo Kota Bandung di Jalan Dalem Kaum untuk menuju ke kawasan Tegalega.


(SAN)