Gunung Ciremai Aman Meski Kuningan Diguncang Gempa

Ahmad Rofahan    •    Kamis, 08 Feb 2018 19:32 WIB
gempa
Gunung Ciremai Aman Meski Kuningan Diguncang Gempa
Gunung Ciremai- Ant

Kuningan: Gempa berkekuatan 3,1 skala richter (SR) terjadi di Kuningan, Jawa Barat. Gempa dengan kedalaman 19 kilometer ini, diduga karena adanya aktifitas patahan di daratan sesar baribis segmen Ciremai. Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisikan Jatiwangi,  Ahmad Faaizin membenarkan hal tersebut.

Menurutnya, gempa terjadi sekitar pukul 09.33 pagi tadi, berada du 6,94 LS, 108.44 BT dan 7 km Barat Laut, Kuningan Jawa Barat. Hingga saat ini, BMKG belum menerima adanya laporan kerusakan dari aktivitas gempa tersebut.

“Gempanya kecil, sampai saat ini belum ada laporan kerusakan,” kata Faaizin, Kamis 8 Februari 2018.

Walaupun gempa yang terjadi di Kuningan cukup kecil, namun sejumlah masyarakat menghawatirkan kondisi Gunung Ciremai. Gunung tertinggi di Jawa Barat tersebut, dikhawatirkan terpengaruh akibat adanya gempa.

Kasie Kedaruratan dan Logistik BPBD Kuningan Ayip Sutrisno mengatakan, gempa sempat dirasakan di daerah lereng Gunung Ciremai. Ayip juga menegaskan, bahwa tidak ada kerusakan yang diakibatkan oleh gempa yang terjadi selama 58 detik itu.

“Secara infrastruktur tidak ada kerusakan, tapi kalau dirasakan, memang gempa tersebut dirasakan. Terutama oleh warga yang berada di lereng Gunung Ciremai,” kata Ayip.

Sementara itu, Ketua Pos Pengamatan gunung Ciremai Iyus Rushana, memastikan bahwa kondisi Gunung Ciremai dalam kondisi aman. Hal tersebut dibuktikan dari hasil rekaman seismograf yang didapatkan di Pos Pengamatan Gunung Ciremai.

“Gempa tektonik tadi, tidak menimbulkan gempa vulkanik di Gunung Ciremai. Dibuktikan dengan hasil rekaman Seismograf yang masih normal,” kata Iyus.


(LDS)