Petugas Sosialisasikan Kebijakan Ganjil Genap di Gerbang Tol Bekasi

Antonio    •    Jumat, 23 Feb 2018 16:37 WIB
jalan tol
Petugas Sosialisasikan Kebijakan Ganjil Genap di Gerbang Tol Bekasi
Suasana di gerbang tol Bekasi Barat, Jawa Barat, Jumat 23 Februari 2018, Medcom.id - Antonio

Bekasi: Kementerian Perhubungan memberlakukan kebijakan ganjil genap di gerbang tol Bekasi Timur dan Barat, Jawa Barat. Petugas Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek pun mengedarkan selebaran untuk menyosialisasikan kebijakan tersebut.

Sosialisasi berlangsung pada pukul 07.00 WIB, Jumat, 23 Februari 2018. Petugas menyebarkan selebaran pada pengemudi mobil yang masuk ke Jakarta melalui gerbang tol Bekasi Barat.

AVP Corporate Communication PT Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan sosialisasi berkaitan dengan kebijakan ganjil genap kendaraan yang masuk ke Jakarta. Mulai 12 Maret 2018, Dwimawan meminta pengendara menyesuaikan kebijakan tersebut.

"Pemberlakuan kebijakan ini merupakan kewenangan Pemerintah. Jasa Marga sebagai operator Jalan Tol Jakarta Cikampek mendukung dan berperan dalam pelaksanaan di lapangan, seperti penyediaan rambu, pembuatan marka, penyediaan sarana, petugas pelaksana, sosialisasi, dan lain-lain," kata Dwimawan.

Aturan itu berlaku mulai Senin hingga Jumat, pada jam 06.00 sampai dengan 09.00 WIB. Tujuannya untuk mengatur waktu dan kecepatan kendaraan di Jalan tol Jakarta. Kebijakan itu masuk dalam program penanganan kepadatan jalan tol.

Dwimawan berharap kebijakan itu mampu mengurangi kepadatan. Apalagi di jalur Jakarta-Cikampek sedang dilakukan pembangunan berbagai proyek infrastruktur skala besar.

Sistem ganjil genap sudah diberlakukan di beberapa kawasan di Jakarta. Saat tanggal pada kalender sedang ganjil, artinya pengendara dengan digit ganjil pada akhir nomor polisi kendaraannya bebas melintas. Aturan itu juga berlaku pada kendaraan dengan nomor polisi genap.





(RRN)