Menhub Klaim Tidak Ada Macet Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Ahmad Rofahan    •    Sabtu, 29 Dec 2018 14:59 WIB
toltransjawa
Menhub Klaim Tidak Ada Macet Saat Libur Natal dan Tahun Baru
Menhub saat menemui warga di Rest Area 207 Tol Palikanci Cirebon.

Cirebon: Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengklaim perjalanan liburan Natal dan Tahun Baru yang melintasi jalur tol pada tahun ini bebas dari kemacetan. 

Ditemui saat melakukan kunjungan di Rest Area Km 207 Tol Palikanci, Menhub mengatakan, bahwa arus mudik di masa libur panjang Natal dan Tahun Baru tidak ada lagi kemacetan. Namun ia meminta kepada warga, untuk memperhatikan keselamatan.

"Tidak ada lagi isu kemacetan, tapi harus perhatikan keselamatan," kata Budi di Cirebon, Sabtu, 29 Desember 2018.

Budi juga menyempatkan untuk bertanya langsung kepada pengguna kendaraan yang sedang beristirahat di rest area Km 207. Ia ingin memastikan langsung, bahwa tidak ada hambatan dalam perjalanan.

"Tidak ada hambatan dijalan ya pak? Lancar perjalanannya," tanya Budi dan dijawab anggukan oleh warga.

Budi menyebutkan, setiap 15 km di jalur Tol Trans Jawa, sudah dibuat rest area untuk digunakan beristirahat para pengguna jalan tol. Terdapat sekitar 61 rest area yang sudah berhasil dibangun di sejumlah ruas tol.

Untuk dalam kondisi normal, jumlah rest area tersebut dianggap cukup memadai. Namun pada masa angkutan lebaran, jumlah rest area tersebut masih dianggap kurang. Oleh karena itu, pihaknya memberikan solusi dengan memperluas area parkir disetiap rest area.

"Manfaatkan rest area untuk beristirahat dan jangan paksakan berkendara," kata Budi.

Dalam kesempatan tersebut, Budi juga mengapresiasi kinerja dari Kementrian PUPR dan BUMN, terkait selesainya pembangunan Tol Jakarta-Surabaya. Dengan adanya tol ini, waktu perjalanan bisa lebih singkat.

"Solo-Jakarta yang biasanya ditempuh selama 10 jam, sekarang bisa ditempuh 6-7 jam," ujarnya.



(ALB)