Bandara Soetta Buka Posko Natal-Tahun Baru

Hendrik Simorangkir    •    Kamis, 20 Dec 2018 13:11 WIB
perayaan natal dan tahun baru
Bandara Soetta Buka Posko Natal-Tahun Baru
PT Angkasa Pura II resmi membuka Posko Terpadu Natal dan Tahun Baru 2019 di Terminal 1B Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Medcom.id - Hendrik

Tangerang: Posko terpadu Natal dan Tahun Baru dibuka di Terminal 1B Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten. Posko akan berkoordinasi dengan 15 bandara lain di bawah wewenang PT Angkasa Pura II.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, posko menjadi pusat koordinasi informasi penerbangan sepanjang libur merayakan Natal hingga Tahun Baru usai.

"Posko juga langsung terkoneksi dengan posko di Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat," terang Awaluddin usai apel di depan Terminal 1B, Kamis, 20 Desember 2018.

Siapa pun, lanjutnya, bisa mendapatkan informasi di posko tersebut. Posko beroperasi sejak lima hari sebelum Natal atau H-5 hingga lima hari setelah Tahun Baru. Peran posko berakhir pada 5 Januari 2018.

"Ada tiga fokus utama AP II dalam liburan Natal dan Tahun Baru, salah satunya, adalah kesiapan sumber daya manusia dalam mengamankan dan melayani penumpang," jelasnya.

Awaluddin menuturkan, ada sekitar 6.000 personel yang akan bertugas di periode Natal dan Tahun Baru di 16 bandara di bawah AP II. Sekitar 2.500 personel akan bertugas di Bandara Soetta dari personel gabungan kepolisian, TNI, beserta Aviation Security (Aviation).

"TNI/Polri ada 1.500 personel, di Bandara Soetta ada sekitar 600 personel yang disiagakan. Patroli biasa tiga kali kita akan minta sampai lima sampai enam kali untuk mengamankan keliling," paparnya.

Selain itu, Awaluddin menambahkan, fokus utama selama liburan akhir tahun ini adalah memastikan seluruh proses yang ada akan melibatkan pemangku kepentingan. Pihaknya juga memastikan fasilitas dan infrastruktur akan bekerja normal.

"Mesin, listrik tak boleh mati, informasi, harus berjalan normal semua. Kita akan terus kawal," katanya.


(RRN)