Jumlah Pemilih di Kota Depok Meningkat

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Senin, 10 Dec 2018 21:59 WIB
pemilu serentak 2019
Jumlah Pemilih di Kota Depok Meningkat
Ilustrasi uang, Medcom.id - M Rizal

Depok: Sempat tertunda beberapa waktu akhirnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok kembali menggelar Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP - 2).

Menurut informasi yang dihimpun Medcom.id, dari KPUD Kota Depok usai penghitungan jumlah keseluruhan pemilih mencapai 1.309.338, sedangkan untuk jumlah TPS ada 5.759, yang tersebar di 11 Kecamatan Kota Depok.

Ketua KPU Depok, Nana Sobharna menuturkan jumlah DPTHP tahap 2 mengalami peningkatan pemilih dibandingkan DPTHP Tahap 1 sebesar 1,8 persen.

"Pada DPTHP 1, jumlah pemilih 1.286.160 sedangkan pada DPTHP 2 ini mengalami kenaikan dengan jumlah 1.309.338. Dengan kata lain, ini mengalami kenaikan," kata Nana usai penghitungan jumlah DPTHP 2 di Gedung Bumi Wiyata, Senin, 10 Desember 2018.

Nana menegaskan, seluruh data pemilih tersebut dinyatakan telah sesuai dengan sistem informasi Sidalih, begitu juga dengan data di lapangan. 

"Memang kami akui untuk menyesuaikan data dengan sistem informasi Sidalih bukan hal yang mudah. Tapi ini, kami tegaskan seluruh jumlah yang ditetapkan hari ini telah singkron 100 persen," jelas Nana.

Selanjutnya, berita acara penetapan jumlah pemilih tetap tersebut akan segera disampaikan kepada KPU, Bawaslu Pusat dan Partai Politik. "Data ini, nantinya juga bisa digunakan oleh partai politik sebagai gambaran (pemetaan) untuk memperoleh simpatik suara," ungkap Nana.

Sementara itu, saat ditanya mengenai informasi mengenai 77000 warga Depok, yang belum melakukan perekaman E - KTP Nana menegaskan, jumlah warga tersebut telah dimasukkan kedalam DPTHP - 2.

"Semua sudah kami masukkan, untuk masalah perekaman KTPnya itu kami serahkan kepada Disdukcapil, kami sudah mengundang mereka tapi seperti diketahui, tidak ada perwakilan yang datang," pungkas Nana.


(DEN)