Menhub Pelajari Gugatan Keluarga Korban Lion Air

Antonio    •    Selasa, 20 Nov 2018 18:50 WIB
Lion Air Jatuh
Menhub Pelajari Gugatan Keluarga Korban Lion Air
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi di Bekasi, Jawa Barat, Selasa, 20 November 2018. Antonio/Medcom.id.

Bekasi: Kementrian Perhubungan akan mempelajari gugatan keluarga korban jatuhnya pesawat Lion Air PK-LQP yang menuntut produsen pesawat Boeing asal Amerika Serikat. Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, gugatan yang disampaikan itu merupakan hak penumpang.

"Bagi kita harus mempelajari seksama, apakah hal-hal tersebut memang sesuai dengan ketentuan yang berlaku secara nasional maupun internasional," kata Budi di Bekasi, Jawa Barat, Selasa, 20 November 2018.

Budi menjelaskan, pemerintah membutuhkan waktu untuk mempelajari tuntutan yang disampaikan keluarga korban. "Waktu yang kita tentukan pasti kita akan mempelajari kaidah-kaidah dari pada aturan nasional dan internasonal," jelas Budi.

Sebelumnya, keluarga korban jatuhnya pesawat Lion Air PK-LQP, almarhum Dr Rio Nanda Pratama menuntut perusahaan produsen pesawat Boeing asal Amerika Serikat. Pihak keluarga menuding pesawat tipe Boeing 737 MAX 8 memiliki desain yang tidak aman.

Boeing 737 MAX 8 adalah tipe pesawat yang sama dengan pesawat Lion Air yang jatuh di perairan Tanjung, Karawang, Jawa Barat pada 29 Oktober lalu.




(DEN)