Beristirahat di Rest Area Bisa Munculkan Kemacetan di Tol

Ahmad Rofahan    •    Sabtu, 24 Jun 2017 12:53 WIB
mudik lebaran 2017
Beristirahat di Rest Area Bisa Munculkan Kemacetan di Tol
Salah satu rest area di jalur tol Cipali, MTVN - Ahmad Rofahan

Metrotvnews.com, Cirebon: Rest area tak selamanya baik untuk para pemudik beristirahat saat melintasi tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Jawa Barat. Bila rest area penuh malah menimbulkan kemacetan di sepanjang jalur tol.

Wakil Presiden Direktur PT Lintas Marga Sedaya (LMS) Firdaus Azis menyarankan pemudik sebaiknya melihat situasi di rest area. Bila pemuh, sebaiknya pengendara memilih alternatif untuk beristirahat.

Lebih baik, kata Firdaus, pengendara keluar dari tol menuju jalur arteri. Kemudian pengendara mencari tempat beristirahat.

"Kalau istirahatnya sudah cukup, bisa masuk kembali ke tol," ungkap Firdaus di Cirebon, Sabtu 24 Juni 2017.

Firdaus mengatakan pemudik tak perlu khawatir dengan beban tarif. Sebab, tarifnya pun akan sama bila keluar dari tol di tengah perjalanan.

"Misalkan pengguna dari Gerbang Tol (GT) CIkarang keluar dari GT Subang, kemudian masuk lagi melalui GT Subang hingga Palimanan. Maka total tarif yang dibayarkan, sama dengan GT Cikarang ke GT Palimanan,” kata Firdaus.

Untuk saat ini, PT LMS selaku pengelola Tol Cipali, menerapkan tarif pengguna tol dari GT Cikarang Utama hingga GT Palimanan Utama sebesar Rp111 ribu.

Selain itu, Firdaus juga meminta kepada para pemudik, untuk tidak membeli sesuatu dari pedagang asong yang berjualan disepanjang jalur Tol. Karena menurutnya, hal tersebut bisa menimbulkan kemacetan dan menghambat arus lalu lintas dikeskitarnya.

“ Jangan belanja di pedagang asongan di tol, untuk menghindari kemacetan yang terjadi,” kata Firdaus.


(RRN)