Jelang Mudik, 214 U-Turn di Pantura Indramayu Dibeton

dedy musashi    •    Jumat, 16 Jun 2017 17:25 WIB
lalu lintas
Jelang Mudik, 214 <i>U-Turn</i> di Pantura Indramayu Dibeton
Pemasangan pembatas jalan di jalur pantura Indramayu, Ant - Dedhez Anggara

Metrotvnews.com, Indramayu: Polres Indramayu, Jawa Barat, menutup 214 putaran arah atau U-turn di sepanjang jalur pantura di kabupaten tersebut. Tujuannya mengatasi kemacetan dan kepadatan arus lalu lintas di jalur pantura wilayah Indramayu.

Sebanyak 241 U-turn ditemukan di  jalur pantura sepanjang 68 kilometer. Namun menjelang musim mudik dan balik Lebaran Idulfitri 1438 Hijriah, hanya 27 putaran yang bisa dilalui pengendara.

Polisi memasang beton di 214 U-turn mulai dari perbatasan Indramayu-Subang hingga Indramayu-Cirebon. Polisi juga mengantisipasi tindakan nakal pengendara yang nekat menjebol beton.

"Polisi akan menindak pemudik yang melanggar aturan lalu lintas di jalur tersebut," kata Kasat Lantas Polres Indramayu AKP Asep Nugroho, Jumat 16 Juni 2017.

Adapun 27 U-turn yang bisa dilewati berdekatan dengan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) dan rest area. Jarak antarlokasi yaitu kurang lebih dua kilometer.

Jalur pantura di Indramayu kerap dilewati pemudik dari arah Jakarta menuju kawasan tengah dan timur Pulau Jawa. Selain jumlah kendaraan yang banyak melintas, pasar tumpah pun memperparah kemacetan.

Lantaran itu, polisi memasang pembatas jalan di sepanjang pasar tumpah. Sehingga pengendara dapat melintas lebih nyaman dan aman.


(RRN)