Sejak 1909, RS Mata Cicendo Kebanjiran untuk Pertama Kali

Roni Kurniawan    •    Senin, 14 Nov 2016 14:29 WIB
bencana banjir
Sejak 1909, RS Mata Cicendo Kebanjiran untuk Pertama Kali
Petugas mengevakuasi sebuah mobil yang terseret arus banjir di Bandung, 10 November, Ant - Fahrul Jayadiputra

Metrotvnews.com, Bandung: Banjir yang merendam Rumah Sakit (RS) Mata Cicendo, Bandung, Jawa Barat, merupakan kali pertama. Sejak berdiri pada 1909, banjir tak pernah merendam fasilitas publik tersebut.

Direktur Utama RS Mata Cicendo, Irayanti, mengakui panik saat banjir merendam bangunan di Jalan Cicendo itu. Selain area parkir, banjir setinggi kurang lebih 30 Cm juga merendam ruang rawat pasien di lantai 1.

"Ini baru pertama (banjir). Tapi (banjir) memang enggak hanya di Bandung, hampir merata di seluruh daerah," kata Irayanti saat ditemui di ruangannya, Senin (14/11/2016).

Meski demikian, Irayanti memastikan pelayanan masyarakat tak terganggu. Alat-alat pelayanan di rumah sakit pun sempat diselamatkan. Sehingga rumah sakit tak mengalami kerugian.

"Kerugian juga enggak ada. Kami sudah cek (peralatan) mungkin karena cepat diselamatkan karena ada yang jaga dinas sore," tuturnya.

Saat ini, ujar Irayanti, rumah sakit mengantisipasi banjir susulan. Tim medis memindahkan pasien yang dirawat di lantai 1 ke lantai 2. 

"Semua pasien kita pindahkan mengingat cuaca masih seperti ini dan khawatir akan kembali terjadi banjir," tandasnya.

RS Cicendo merupakan salah satu fasilitas umum yang terendam banjir kemarin siang. Selain itu, banjir juga merendam Stasiun Bandung. Akibatnya, jadwal kedatangan dan pemberangkatan kereta terganggu.

Baca: Pohon dan Kanopi Pusat Perbelanjaan BEC Ambruk

Banjir bukan kali pertama di Bandung. Dalam beberapa hari terakhir, banjir merendam sejumlah lokasi di Bandung. Satu di antaranya terjadi pada 9 November 2016 dalam video berikut:
 


(RRN)