Besok, Warga Ramai-ramai Bersihkan Sungai Citarum

   •    Jumat, 18 Nov 2016 19:40 WIB
bencana alam
Besok, Warga Ramai-ramai Bersihkan Sungai Citarum
Warga menaiki perahu untuk melintasi genangan banjir di bantaran Sungai Citarum, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu 16 Maret 2016. Antara Foto/Novrian Arbi

Metrotvnews.com, Cianjur: Badan Penanggulangan Bencana Daerah  Cianjur, Jawa Barat, akan menerjunkan seribu relawan untuk menormalisasi Sungai Citarum. Ini langkah mengantisipasi bencana akibat rusaknya alam dan pendangkalan aliran sungai.

Kepala BPBD Cianjur Asep Suparman mengatakan  bencana terjadi akibat alam yang tidak terawat. Karena itu, kondisi alam yang rusak harus kembali bersih dan baik.

Kegiatan bersama ini akan membersihkan sampah dari aliran sungai dan menanami bantaran sungai dengan pohon agar struktur tanah lebih kuat.

Rencananya, kegiatan Sabtu 19 November, itu akan dibuka langsung Wakil Bupati Cianjur Herman Suherman. Kegiatan ini akan melibatkan warga, pemerintah desa, kecamatan, tentara, polisi, unsur muspida, muspika, dan legislatif.

"Semua kalangan terlibat dalam kegiatan ini dengan harapan dapat mengembalikan kelestarian lingkungan," kata Asep.

Sungai Citarum yang melintasi Desa Cihea, Kecamatan Haurwangi, mengancam 400 kepala keluarga karena meluap setelah dibukanya pintu bendungan PLTA Saguling.

"Harapan kami dengan kembalinya kita ke alam, bisa terhindar dari berbagai bencana dan yang paling diharapkan tidak ada korban jiwa apabila terjadi bencana," ujar Asep. (Antara)


(TRK)