Selama Penyelenggaraan PON, Rumput di GBLA Menguning

Jaenal Mutakin    •    Senin, 03 Oct 2016 19:41 WIB
pon 2016
Selama Penyelenggaraan PON, Rumput di GBLA Menguning
Foto Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) yang akan menjadi lokasi pembukaan dan penutupan PON XIX 2016, Ant - Wahyu Putro A

Metrotvnews.con, Bandung: Acara pembukaan dan penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX mengakibatkan rumput di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) rusak. Pemerintah Provinsi Jabar menganggarkan Rp400 juta untuk memperbaiki kerusakan tersebut.

Sekretaris Daerah Jabar Iwa Karniwa mengatakan kerusakan rumput merupakan tanggung jawab Pemprov yang juga menjadi panitia penyelenggaraan PON. Kerusakan itu terjadi pada rumput di lapangan sepak bola.

"Rumputnya pada kering karena tidak kena sinar matahari dan vitamin," kata Iwa di Gedung Sate, Bandung, Senin (3/10/2016).

Saat ini, katanya, proses pemulihan rumput sedang dilakukan. Anggaran pun sudah disiapkan.

Di lain tempat, Ketua Bidang Upacara PB PON Nunung Sobari mengatakan rumput mengering karena kurang nutrisi. Rumput menguning.

GBLA biasanya menjadi arena pertandingan sepak bola saat Persib Bandung menjamu lawan. Namun pada Sabtu 17 September, GBLA menjadi lokasi pembukaan PON. Lalu pada 29 September, stadion di kawasan Gedebage itu kembali menjadi lokasi penutupan PON.

Sepanjang waktu itu, rerumputan di stadion ditutup. Sehingga rumput tak mendapat sinar matahari dan perawatannya tidak maksimal.



(RRN)