Lokasi Pesawat Jatuh jadi Destinasi 'Wisata' Dadakan

Ahmad Rofahan    •    Selasa, 30 Aug 2016 15:11 WIB
pesawat jatuh
Lokasi Pesawat Jatuh jadi Destinasi 'Wisata' Dadakan
Warga berkerumun di pematang sawah untuk melihat bangkai pesawat latih yang jatuh di Desa Banjarwangunan, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. (Metrotvnews.com/Ahmad Rofahan)

Metrotvnews.com, Cirebon: Ratusan warga memadati lokasi jatuhnya pesawat latih milik Angkasa Aviation Academy di Desa Banjarwangunan, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Walaupun tidak ada tempat berteduh dan dalam kondisi cuaca panas, ratusan warga tersebut silih berganti berdatangan. (Saksi: Pintu Pesawat Tidak Bisa Dibuka)

“Penasaran, katanya ada pesawat jatuh. Jadi pengin lihat,” kata Yati, salah satu warga di lokasi kejadian, Selasa (30/8/2016).

Yati mengaku mendapatkan informasi pesawat jatuh dari masyarakat sekitar. Menurutnya, peristiwa itu sedang menjadi topik pembicaraan utama di masyarakat, sehingga dirinya penasaran ingin melihat langsung.

“Warga di sni lagi pada ngomongin pesawat jatuh semua, jadi penasaran,” kata Yanti.


Bangkai pesawat terbalik di areal persawahan di Cirebon, Jawa Barat, setelah mati mesin pada ketinggian 1.000 kaki, Selasa (30/8/2016). (Metrotvnews.com/Ahmad Rofahan)

Hal serupa juga dilakukan Imah, 40, ia rela berjalan kaki menyusuri sawah untuk menuju lokasi kejadian. Awalnya, ia menyangka pesawat yang jatuh tersebut berukuran besar.

“Saya kira pesawatnya besar. Ternyata kecil,” kata Imah.

Banyaknya warga yang menonton, juga dimanfaatkan para pedagang untuk menjajakan dagangan.

Pesawat latih milik Angkas Aviation Academy, jatuh di pesawahan setelah mengalami mati mesin saat berada di ketinggian 1.000 kaki. 

Baca: Mesin Pesawat Cessna 172 Mati sebelum Jatuh



Kepala Pos TNI AU Penggung Cirebon Kapten Marno memastikan pesawat latih Cessna 172 itu dalam kondisi layak terbang. "Sebelum terbang sudah kami cek. Kondisinya bagus dan normal," kata Kapten Marno.

Pesawat lepas landas dari Bandar Udara Penggung, Kota Cirebon, pukul 08.30 WIB. Namun, pesawat hilang kontak dengan petugas Air Traffic Control (ATC) pukul 09.02 WIB.


(SAN)