Caleg Diingatkan tak Pasang APK di Taman

Farhan Dwitama    •    Jumat, 21 Sep 2018 17:01 WIB
pemilu legislatifpileg
Caleg Diingatkan tak Pasang APK di Taman
KPUD dan Pemkot Tangsel sepakati aturan pemasangan alat peraga kampanye di Pilpres dan Pileg, Jumat 21 September 2018. Medcom.id/ Farhan Dwitama.

Tangerang: Pemerintah Kota Tangerang Selatan bersama Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) menyepakati aturan pemasangan alat peraga kampanye (APK) pada Pemilu 2019.

Kesepakatan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Nomor 82 Tahun 2018 tentang Alat Peraga yang dikeluarkan pada 20 September 2018. Ketentuan pemasangan APK dilakukan tidak pada sembarang tempat.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang Selatan, Toto Sudarto mengatakan, pemasangan APK dilarang dilakukan di taman-taman milik pemerintah dan median jalan milik pemerintah. 

"Silakan di luar itu, sesuai dengan aturan KPU, sepanjang tidak melanggar aturan. Bahkan pohon dilarang dipasang APK baik dipantek, ditali maupun lainnya," kata Toto di kantor Balaikota Tangerang Selatan Jalan Raya Maruga, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Jumat, 20 September 2018.

Sementara itu Kepala Bidang Penertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat Satpol PP Tangsel, Mumu Muniardi berharap para kandidat calon maupun tim sukses untuk menaati kesepakatan tersebut.

Jika tidak, pihaknya tidak segan untuk mencopot  APK yang terpasang di tempat-tempat yang dilarang.

"Tadi sudah dibahas yang dilarang apa saja seperti gedung milik pemerintah, masjid, sekolah, dan pemasangan dilarang melintang dijalan, taman-taman, tiang listrik dan tiang telepon, baliho yang tidak berizin. Tapi kami konsultasikan dahulu dengan Bawaslu sebelum dicopot," tegas Mumu.


(DEN)