Buruh dari Berbagai Daerah Padati Kawasan Gedung Sate

Roni Kurniawan    •    Selasa, 01 May 2018 13:30 WIB
may day
Buruh dari Berbagai Daerah Padati Kawasan Gedung Sate
Aksi buruh di depan Gedung Sate Kota Bandung, Selasa 1 Mei 2018, Medcom.id - Roni

Bandung: Ribuan buruh yang tergabung dalam Gabungan Organisasi Buruh Seluruh Indonesia (Gobsi) Jawa Barat mulai mendatangi kawasan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa 1 Mei. Ribuan buruh dari berbagai daerah di Jabar bertolak ke Gedung Sate menggunakan roda dua.

Sekitar pukul 10.30 WIB, ribuan buruh bergerak dari Pusat Dakwah Indonesia (Pusdai) Jabar yang jaraknya sekitar 500 meter menuju Gedung Sate. Satu kendaraan roda empat terbuka mengawali pergerakan buruh dari Gobsi untuk menuju halaman Gedung Sate.

"Ini ada dari Sumedang, Kabupaten Bandung, Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat dan beberapa daerah. Ada sekitar seribu orang," kata Asep Ketua Gobsi Sumedang.

Para buruhmembentangkan spanduk dengan berbagai tulisan. Salah satunya penolakan Tenaga Kerja Asing (TKA) terutama untuk masuk ke Jabar.

"Kita akan menyampaikan beberapa aspirasi, salah satunya tentu kita menolak TKA," sambung Asep.

Para buruh pun mengibarkan bendera sambil menuju Gedung Sate dan mendapatkan pengawalan dari petugas keamanan. Namun para buruh terlihat sangat tertib termasuk saat memarkirkan kendaraan.

Asep menuturkan, masih ada beberapa organisasi buruh yang akan datang ke Gedung Sate. Namun organisasi Gobsi merupakan perkumpulan buruh yang pertama hadir di halaman Gedung Sate dan langsung melakukan orasi.



 


(RRN)