Alarm Berbunyi, Maling Ponsel di Kereta Ditangkap

Ahmad Rofahan    •    Selasa, 03 Apr 2018 18:19 WIB
pencurian
Alarm Berbunyi, Maling Ponsel di Kereta Ditangkap
pelaku diinterogasi petugas di Stasiun Cirebon Prujakan

Cirebon: Pria berinisial MZ ditangkap petugas keamanan Kereta Api Matarmaja jurusan Malang-Pasar Senen, Selasa, 3 April 2018. Karyawan swasta itu ketahuan mencuri ponsel milik penumpang lainnya, Dimas, 19.

Manager Humas Daop 3 Cirebon Krisbiyantoro mengatakan MZ ketahuan mencuri setelah ponsel milik Dimas berbunyi. Dimas yang mendengarkan alarm itu tak menemukan ponsel di dekatnya. Justru, alarm terdengar dari tempat duduk penumpang lain.

"Sang pemilik tadinya tidur sambil cas ponsel, pas alarmnya berbunyi ponselnya malah tidak ada di tempat," ujar Manager Humas Daop 3 Cirebon, Jawa Barat, Krisbiyantoro.

Kris menjelaskan ternyata ponsel berada di dalam tas MZ. Dimas lalu melapor ke kondektur dan Polsuska soal ponselnya yang sudah berpindah tangan.

"Korban dan tersangka akhirnya diturunkan di Stasiun Cirebon Prujakan untuk dilakukan pemeriksaan," kata Kris.

Korban tidak mau memperpanjang masalah. Ia mengambil kembali ponselnya dan melanjutkan perjalanan.

Sementara MZ dibawa petugas KAI ke Polsek Selatan Timur (Seltim) Kota Cirebon. Dilanjutkannya kasus ini oleh PT KAI, untuk memberikan efek jera kepada para penumpang yang kedapatan mencuri di kereta.

" Walaupun korban tidak mau melanjutkan, kita tetap lanjutkan. biar ada efek jera," kata Kris.

Kris menambahkan, untuk tahun ini, baru ada laporan kasus pencurian di kereta api. oleh karena itu, walaupun sudah ada petugas yang disiagakan, Kris meminta penumpang lebih waspada terhadap barang bawaannya, terutama barang-barang yang berharga.

" Tahun ini baru ada kasus ini," ujar Kris.


(ALB)