Pelajar Sudah Menikah Harus Tetap Sekolah

Ahmad Rofahan    •    Rabu, 18 Apr 2018 11:15 WIB
pendidikan
Pelajar Sudah Menikah Harus Tetap Sekolah
Mendikbud Muhadjir Effendy saat tiba di Stasiun Cirebon. Foto: Medcom.id/Ahmad Rofahan

Cirebon: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyampaikan hak anak untuk mendapatkan pendidikan tidak boleh sampai hilang. Termasuk dalam kasus pilihan kedua siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Bantaeng Sulawesi Selatan yang mengajukan dispensasi menikah.

"Anak walaupun sudah menikah tetap harus mendapatkan pelayanan pendidikan," kata Muhadjir di Cirebon, Selasa, 17 April 2018, malam.

Tidak ada larangan usia pelajar telah menikah untuk bisa sekolah. Selain melalui pendidikan formal, anak bisa terus mendapatkan pendidikan melalui kegiatan nonformal

Menurut Muhadjir, pernikahan dini memang bukan ranah yang dikelola Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Namun, ia menegaskan pernikahan bukanlah halangan bagi seseorang untuk tetap mendapatkan pendidikan sebagai bekal masa depan.

"Jangan sampai gara-gara menikah, pendidikannya terhenti," kata Mendikbud.

Mendikbud  berada di Cirebon, dijadwalkan untuk menjenguk korban luka serta berkunjung ke rumah duka dari para korban meninggal dalam insiden runtuhnya tembok yang menimpa sanggar seni Hidayat. Kemendikbud juga akan memberikan santunan kepada keluarga korban.


(SUR)