PAN Ajak Poros Baru Dukung Deddy Mizwar

Roni Kurniawan    •    Rabu, 25 Oct 2017 11:27 WIB
pilkada serentakpilgub jabar 2018
PAN Ajak Poros Baru Dukung Deddy Mizwar
Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar. Foto: Antara/Wahyu Putro A.

Metrotvnews.com, Bandung: Partai Amanat Nasional (PAN) membutuhkan partai lain guna memuluskan langkah Deddy Mizwar (Demiz) maju dalam Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018. PAN bakal mengajak Gerindra dan Demokrat  yang tergabung dalam poros baru untuk mendukung Demiz.

Ketua Harian DPW PAN Jabar Hasbullah Rahmad mengakui tidak mungkin sendirian mengusung Demiz menjadi calon gubernur. Pasalnya PAN hanya memiliki empat kursi di legislatif dan masih membutuhkan 16 kursi untuk memuluskan langkah tersebut.

"Kita akan mengajak poros baru paling tidak untuk mengusung calon gubernurnya kepada Demiz, walapun poros baru punya hak untuk mengusung wakil gubernur," kata Hasbullah saat dihubungi, Rabu 24 Oktober 2017.

(Baca: Siang Ini, PAN Deklarasikan Dukungan untuk Deddy Mizwar)

Hasbullah mengatakan dalam waktu dekat ini akan bertemu dengan poros baru guna membahas dukungan terhadap Demiz. Bahkan PAN pun akan menyerahkan calon wakil gubernur kepada poros baru juga memutuskan untuk mendukung Demiz.

"Tentu PAN tidak cukup secara persentase dan akan mengajak poros baru, termasuk dibicarakan paket pasangan itu kan dengan paket koalisi," ungkapnya.

Jika poros baru mendukung, maka otomatis sudah bisa mengusung Demiz untuk maju di Pilgub Jabar. Pasalnya Gerindra memiliki 11 kursi dan Demokrat 12 kursi, sehingga jumlah kursi untuk dukungan Demiz menjadi 27 kursi melebihi persyaratan dari KPU yakni 20 kursi.

Tak hanya poros baru, PAN juga akan mengajak partai lain yang belum bersikap seperti PDIP dan Hanura.

 


(SUR)