Bogor Belum Siap Terapkan Permenhub Taksi Daring

Rizky Dewantara    •    Kamis, 01 Feb 2018 13:22 WIB
transportasi berbasis aplikasi
Bogor Belum Siap Terapkan Permenhub Taksi Daring
Ilustrasi. Foto: MI/Panca

Bogor: Penerapan Permenhub Nomor 108 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek, mulai diberlakukan hari ini. Namun, belum tampak kesiapan dari pihak Satlantas Polresta Bogor Kota dan Dinas Perhubungan Kota Bogor untuk menerapkan peraturan tersebut. 

Kasatlantas Polresta Bogor Kota, Kompol Bramastyo Priaji, mengatakan pemberlakukan permenhub yang mengatur angkutan daring itu akan dikoordinasikan terlebih dulu dengan Dishub Kota Bogor. 

"Baru mau dirapatkan dengan Dishub Kota Bogor," ujarnya kepada Medcom.id, Kamis, 1 Februari 2018.

Dia mengakui, terkait pemberlakuan Permenhub Nomor 108 Tahun 2017 itu, pihaknya hanya mengikuti instruksi Dishub Kota Bogor. Untuk sosialisasi, kata dia, sudah dilakukan oleh Dishub Kota Bogor. 

"Turunan dari Permenhub, aplikasi sosialisasi diserahkan ke Dishub," akunya, melalui pesan singkat.

Banyak pengemudi taksi daring yang menolak penerapan permenhub. Salah satunya Nur Afandi, 31. Ia menyebut permenhub terlalu banyak pengaturan trayek dan larangan untuk taksi daring. 

"Rata-rata penumpang atau pengguna memilih online karena murah ongkosnya. Jika dibatasi trayeknya, mau tidak mau penumpang pasti memilih transportasi lain daripada taksi online," kata dia, saat ditemui di kawasan Stasiun Bogor, Kota Bogor, Jawa Barat.

Hingga kini, Kadishub Kota Bogor Rakhmawati belum menanggapi terkait penerapan permenhub "Saya sedang menuju Kemenhub," ujarnya melalui pesan singkat.


(LDS)