Ridwan Kamil Siap Menangkan Jokowi-Ma'ruf

Bayu Anggoro    •    Kamis, 23 Aug 2018 15:25 WIB
pilpres 2019
Ridwan Kamil Siap Menangkan Jokowi-Ma'ruf
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (Emil)

Bandung: Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (Emil) menegaskan dirinya akan mendukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin pada Pemilu Presiden 2019. Dia mengaku siap memenangkan bakal calon presiden petahana tersebut karena memiliki latar belakang partai yang sama.

Emil menjelaskan, selain karena visi dan misi yang diusung, dukungannya ini diberikan karena secara etika politik dirinya harus mengusung kandidat tersebut. Seperti diketahui, pada Pemilu Gubernur Jawa Barat 2018, Emil diusung partai yang kini resmi mengusung Joko Widodo-Ma'ruf Amin pada Pemilu Presiden 2019.

"Kan partai koalisinya (di Pemilu Gubernur Jawa Barat 2018) saja sudah jelas partai (pendukung) pemerintah (Joko Widodo). Maka saya mendukung (Joko Widodo-Ma'ruf Amin) usungan dari partai-partai yang mengusung saya di pilgub," katanya di Bandung, Kamis, 23 Agustus 2018.

Hal serupa pun dilakukannya saat mendukung Prabowo Subianto-Hatta Rajasa pada Pemilu Presiden 2014. "Dulu 2013 saya mendukung Pak Prabowo karena saya diusung Gerindra-PKS," katanya.

Meski begitu, Emil mengaku siap turut serta dalam mengampanyekan Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Namun, hingga saat ini dirinya belum menerima permintaan itu dari partai pengusung kandidat tersebut. "Belum ada permintaan," katanya. 


(ALB)