Gempa Susulan Tidak Ganggu Penerbangan Bandara Soetta-Lombok

Farhan Dwitama    •    Senin, 20 Aug 2018 13:24 WIB
Gempa Lombok
Gempa Susulan Tidak Ganggu Penerbangan Bandara Soetta-Lombok
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

Tangerang: Gempa berkekuatan 6,9 SR yang mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat, tidak mengganggu penerbangan rute Bandara Internasional Soekarno Hatta-Bandara Udara Internasional Lombok.

Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) Air Navigation Indonesia memastikan penerbangan menuju Lombok berjalan normal.

"Menurut pemantauan di lapangan, kondisi peralatan navigasi atau komunikasi dinyatakan beroperasi normal, tidak terdapat kerusakan major pada gedung tower dan gedung kantor dan untuk shift operasional personel ATC, FSO ataupun teknik semua berjalan normal," kata Humas Air Navigation, Yohanes Sirait, saat dikonfirmasi, Senin, 20 Agustus 2018.

Baca: Gempa 6,9 SR di Lombok Tewaskan 10 Warga

Yohanes memastikan, untuk kelancaran arus lalu lintas udara, petugas disiagakan untuk bekerja di ruang ARO dengan menggunakan radio backup. Hal ini dilakukan demi menjaga keselamatan dan keamanan petugas yang berjaga.

Menurut Yohanes, pihaknya sampai saat ini masih memantau perkembangan kondisi di Lombok. Menurut Yohanes, gempa yang tidak bisa diprediksi masih mungkin terjadi dan berdampak pada penerbangan.

"Sementara dilaksanakan di ruang ARO, sampai kondisi dianggap memungkinkan operasional dilaksanakan di Tower kembali," jelas Yohanes.


(DEN)