Remaja Tanggung Maling Motor Ditangkap

Antonio    •    Rabu, 04 Jul 2018 18:25 WIB
pencurian
Remaja Tanggung Maling Motor Ditangkap
Empat remaja belasan tahun digiring ke sel tahanan oleh petugas Polres Metro Bekasi Kota, Rabu 4 Juli 2018 sore. Medcom.id / Antonio

Bekasi: Empat remaja tanggung, yakni MI, AAS, MU dan MA, ditangkap polisi karena mencuri sepeda motor di salah satu warung internet (warnet) di Rawalumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat, Rabu 4 Juli 2018 Pukul 02.00 WIB.

Mereka sudah sepuluh kali mencuri dalam satu tahun terakhir. Setiap beraksi, para remaja yang berusia sekitar 16 tahun itu, menggunakan dua sepeda motor. Berboncengan, dua orang satu motor. Mereka saling membagi tugas, sebagai eksekutor dan joki sekaligus memantau situasi.

MU dan MA bertugas sebagai eksekutor. Sementara MI dan AAS bertugas sebagai joki sekaligus memantau keadaan sekitarnya. Mereka hanya berbekal mata kunci dan kunci pas untuk merusak rumah kunci sepeda motor yang mereka curi.

"Sasaran mereka motor-motor yang berada di pinggir jalan, kemudian mereka ambil dengan cepat," kata Wakapolres Metro Bekasi Kota, AKBP Wijonarko di Bekasi, Rabu, 4 Juli 2018 sore.

Penangkapan berawal ketika kepolisian melakukan patroli. Kemudian, terlihat sejumlah remaja yang sedang mengganti pelat nomor sepeda motor matik di depan warnet, di Rawalumbu. 

Ketika didatangi petugas, mereka tidak dapat menunjukkan surat bukti kepemilikan kendaraan. Lalu, setelah diselidiki, mereka mengaku bahwa sepeda motor itu hasil curian. 

"Kami  curigai motor tersebut sebagai motor curian dan ternyata benar," ujarnya. 

Alhasil, keempat orang itu langsung dibawa ke Polres Metro Bekasi Kota untuk diperiksa. Mereka mengaku baru saja mencuri di wilayah Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Sepeda motor yang diamankan saat ditangkap ada empat dari sepuluh kali aksi pencurian. Saat ini mereka mendekam di sel tahanan Polres Metro Bekasi Kota. Mereka dikenakan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.


(LDS)