Berseragam SD hingga Gantung Raket Cara TPS Tarik Minat Pemilih

Rizky Dewantara, Antonio    •    Rabu, 27 Jun 2018 15:53 WIB
pilkada serentak
Berseragam SD hingga Gantung Raket Cara TPS Tarik Minat Pemilih
Petugas TPS 26 RW 12 Kelurahan Gunung Batu, Kota Bogor, mengenakan seragam SD untuk menarik minat DPT menggunakan hak suara, Rabu, 27 Juni 2018, Medcom.id - Rizky Dewantara

Bogor: Macam-macam cara dilakukan penyelenggara Pemilihan Umum untuk menarik minat warga pemilik suara. Mulai dari berseragam layaknya siswa sekolah dasar hingga menyediakan hadiah untuk warga.

Di Bogor, Jawa Barat, sekelompok orang menjadi petugas penyelenggara di tempat pemungutan suara (TPS) 26 RW 12 Kelurahan Gunung Batu. Unik, mereka mengenakan seragam putih merah layaknya siswa SD.

Haris, warga setempat, mengatakan konsep tersebut menarik dan kreatif. Ia mengapresiasi konsep tersebut.

"Unik, keren para petugas di TPS ini. Cukup kreatif cara mengundang animo warga untuk menggunakan haknya pada Pilkada serentak ini," ujar pria berusia 43 tahun itu usai menggunakan hak pilihnya di TPS 26, Rabu, 27 Juni 2018.

Apresiasi pun disampaikan Aira Andrian, 28. Ia menganggap kegiatan itu sangat menarik perhatian.

"Lucu saja, pakai seragam SD tapi sudah ada yang berjenggot dan berkumis. Sangat menarik, seneng saya melihatnya," tuntas dia.

Sementara itu, Ketua KPPS Dessy Septiani menjelaskan tujuan dari konsep itu untuk mengundang minat warga mendatangi TPS. Petugas kompak mengenakan seragam putih merah, lengkap dengan dasi dan topi. 

"Karena waktu pencoblosan hanya sampai pukul 13.00 WIB. Jadi kami berpikir bagaimana caranya agar masyarakat bisa datang lebih awal. Karena sayang kalau lewat waktu hak politik mereka hilang," ungkap Dessy di lokasi.

Di TPS 26, sebanyak 397 warga masuk dalam DPT. Hingga pukul 10.00 WIB, jumlah warga yang datang ke TPS baru 253 orang.


(Suasana Asian Games di TPS 026 Kranji, Bekasi, Rabu, 27 Juni 2018, Medcom.id - Antonio)

Aksi serupa pun berlangsung di Bekasi. Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 026 Kranji, Bekasi Barat, menyulap TPS bernuansa Asian Games 2018.

Sejumlah bola sepak, raket, shuttle cock tergantung di TPS yang dominan berwarna merah putih itu. Selain itu, seluruh petugas KPPS yang bertugas mengenakan seragam jaket berwarna merah bertuliskan Asian Games 2018 dan topi berwarna putih.

Ketua KPPS TPS 026 Tuyan mengatakan sengaja mengambil konsep tersebut untuk menyosialisasikan ajang olah raga tersebut. "Apalagi tuan rumahnya adalah Indonesia, tepatnya di Jakarta dan Palembang," ujar Tuyan.

Tuyan mengatakan cara itu efektif menarik minat pemilih untuk mendatangi TPS. Mungkin, ujar Tuyan, tadinya ogah-ogahan, malah datang ke TPS.

Selain bernuansa Asian Games 2018, di TPS tersebut juga terlihat ada dua sepeda ontel. Menurut Tayun, pihaknya sengaja memamerkan sepeda itu untuk kembali mengingatkan nilai perjuangan.

"Agar masyarakat tahu bahwa sepeda ontel punya nilai historis, punya nilai sejarah dan memperkenalkan kepada anak cucu kita," tutupnya.

Di TPS tersebut diketahui ada sebanyak 537 orang pemilih. KPPS juga membagikan 200 dompet untuk masyarakat yang hadir lengkap bersama keluarganya.


(RRN)