Penonton Asian Games Dibekuk karena Pakai Tiket 'Aspal'

Antonio    •    Sabtu, 18 Aug 2018 16:00 WIB
asian games
Penonton Asian Games Dibekuk karena Pakai Tiket 'Aspal'
Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Pol Indarto, menunjukkan barang bukti penangkapan calo tiket laga Asian Games, Sabtu, 18 Agustus 2018, Medcom.id - Antonio

Bekasi: Ada-ada saja yang dilakukan oknum calo untuk mendapatkan uang. Mereka menjual tiket 'aspal' (asli tapi palsu) yang dibuat dengan menggabungkan tiket yang telah dirobek dengan robekan  barcode dari tiket lain.

Tiket 'aspal' (asli tapi palsu) untuk kategori B dijual dengan harga Rp150.000 hingga Rp200.000 dari harga resmi sebesar Rp75.000 pada pertandingan Indonesia melawan Laos. Pertandingan berlangsung di Stadion Patriot Candrabaga, Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat, 17 Agustus 2018.

Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Indarto menjelaskan delapan orang yang diamankan polisi ialah orang yang hendak menonton bukan yang menjual tiket gabungan atau tiket aspal. Mereka diamankan karena terbukti menggunakan tiket yang tidak sesuai.

Pemeriksaan tiket dilakukan dengan tes yang dilakukan panitia. Panitia akan menggunakan alat khusus untuk mengecek barcode pada tiket.

Baca: Belasan Calo Tiket Dibekuk di Bekasi

Kemudian, bagian barcode tiket akan dirobek. Lalu, penonton akan masuk ke dalam stadion dan tiket mereka diperiksa sekali lagi saat hendak masuk ke tribun penonton.

"Delapan (orang) itu (diduga) melakukan penipuan dengan cara tiketnya digabungkan. Kan ini barcode disobek, nah itu diambil lalu digabungkan dengan tiket yang sudah disobek," kata Indarto di Bekasi,  Sabtu 18 Agustus 2018.

Menurut Indarto, barcode pada tiket seharusnya dirobek dan disimpan di tong sampah milik petugas. Ia menjelaskan, delapan orang tersebut masih berstatus sebagai saksi. Mereka terancam dikenakan Pasal 378 tentang Penipuan. Tapi, hal itu menunggu hasil gelar perkara yang akan dilakukan polisi bersama panitia.

"Dari situ (gelar perkara), nanti kita putuskan apakah cukup alat bukti untuk mengenakan pasal-pasal yang kita duga, kalau cukup kita lakukan penahanan," tutupnya.

Delapan orang ini menambah daftar panjang orang yang diamankan polisi dari pertandingan Indonesian melawan Laos di Stadion Patriot Candrabaga, Kota Bekasi, Jumat 17 Agustus 2018.

Sebelum delapan penonton itu, pihak kepolisian juga mengamankan sebanyak 15 orang calo.


(RRN)