Emil: Pencak Silat Identitas Bangsa

Roni Kurniawan    •    Sabtu, 21 Oct 2017 12:21 WIB
pencak silat
Emil: Pencak Silat Identitas Bangsa
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil saat unjuk kebolehan seni bela diri pencak silat pada acara 'Temu Pendekar Internasional 2018' di Plaza Balai Kota Bandung, Sabtu 21 Oktober 2017. Foto: MTVN/Roni Kurniawan

Metrotvnews.com, Bandung: Wali Kota Bandung Ridwan Kamil terus mendukung upaya menjadikan bela diri pencak silat sebagai menjadi daftar warisan budaya tidak benda di Unesco. Pasalnya, pencak silat merupakan indentitas bangsa Indonesia yang turut andil dalam perjuangan melawan penjajah.

Menurut pria yang akrab disapa Emil ini, pencak silat merupakan salah satu warisan budaya yang harus dipertahankan dan dilestarikan. Ia khawatir seni bela diri itu akan diklaim oleh negara lain.

"Pencak silat identitas bangsa, maka kita harus memperjuangkan ke PBB melalui Unesco agar menjadi warisan budaya tidak benda dunia asal Indonesia. Karena ini juga sebagai bela negara," kata Emil usai membuka acara 'Temu Pendekar Internasional 2017' di Plaza Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Sabtu 21 Oktober 2017.

Beberapa waktu lalu, Emil telah membawa rombongan para pendekar ke Perancis sebagai upaya mewujudkan hal itu. Emil mempromosikan serta menguatkan pengakuan jika pencak silat merupakan seni bela diri asli asal Indonesia.

"Saya waktu itu berpidato di Perancis, intinya saya menyampaikan kekuatan dan alasan kenapa Unesco harus segera menetapkan pencak silat menjadi warisan budaya dunia," papar Emil.

Disamping itu, Emil mengaku Pemerintah Kota Bandung terus intens melakukan pembinaan terhadap atlet pencak silat. Hasilnya, pada PON 2016, atlet pencak silat asal Bandung berhasil menyumbangkan medali emas, perak dan perunggu bagi kontingen Jabar.

"Waktu PON Jabar meraih medali dan sebagain besar datang dari atlet Kota Bandung. Jadi kita terus intens melakukan pembinaan," kata Emil.

 


(SUR)