Pendukung Sekda Kota Bandung Kecewa

Roni Kurniawan    •    Sabtu, 11 Nov 2017 12:18 WIB
pilgub jabar 2018
Pendukung Sekda Kota Bandung Kecewa
Logo Partai Demokrat, MTVN - Rakhmat Riyandi

Bandung: Keputusan DPP Partai Demokrat menunjuk Chairul Yaqin Hidayat untuk maju di Pilwalkot Bandung membuat kecewa pendukung Sekda Kota Bandung Yossi Irianto. Sebab DPC Demokrat Kota Bandung telah merekomendasikan Yossi untuk maju di Pilwalkot Bandung.

Kekecewaan tersebut diungkapkan relawan Yossi yang tergabung dalam Balad Kang Yossi Irianto. Diakui Khoirullah selaku koordinator relawan, pihaknya sangat kecewa dengan putusan DPP Demokrat.

"Kami merasa kecewa dengan SK terhadap Ruli. Harusnya DPP Demokrat itu mengeluarkan SK hasil rekomendasi yang diusung dari Bandung yaitu Kang Yossi. Harusnya pusat mendengar keinginan arus bawah," kata Khoirullah di Bandung, Jumat 10 November 2017.

Para relawan tersebut pun dikatakan Khoirullah mempertanyakan hasil konvensi yang dilakukan DPC Demokrat Kota Bandung beberapa waktu lalu. Sebab hasil dari konvensi yang diikuti empat orang kandidat, Yossi menempati urutan pertama disusul Ruli kedua.

"Buat apa kalau begitu ada konvensi segala. Buang-buang duit saja dong. Kan katanya tidak ada intervensi dari pusat," kesalnya.

Kini relawan tersebut berharap pada Partai NasDem. Pasalnya dalam survei yang dilakukan NasDem, Yossi menempati urutan pertama mengalahkan kandidat lain salah satunya mantan atlet bulutangkis Riki Subagja.

"Ini pesan moral untuk Nasdem untuk segera mengeluarkan SK untuk Kang Yossi. Karena hasil elektabilitas dan popularitas Kang Yossi teratas. Pusat harus mendengar yang di bawah. Karena yang tahu peta politik di Bandung itu, ya tingkat daerah," pungkasnya.

Berdasarkan hasil konvensi dan dua kali survei yang dilakukan Demokrat. Pada survei pertama, tingkat popularitas paling tinggi sebesar 32,1 persen. Kemudian disusul Chaerul Yakin Hidayat sebesar 13,2 persen. 

Untuk tingkat elektabilitas di posisi puncak juga ditempati Yossi Irianto sebesar 17, 3 persen. Di posisi kedua Chaerul Yakin Hidayat sebesar 10 persen.

Sementara survei kedua, Yossi masih berada ditingkat pertama dengan popularitas mendapat 51,1 persen, disusul Chairul Yakin Hidayat 32,3 persen. Adapun untuk tingkat elektabilitas Yossi Irianto sebesar 28 persen. Kemudian disusul Chairul Yakin Hidayat 13, 4 persen.


(RRN)