Pemkot Bekasi Luncurkan Kartu Identitas Anak

Antonio    •    Senin, 17 Dec 2018 13:54 WIB
kartu identitas anak
Pemkot Bekasi Luncurkan Kartu Identitas Anak
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menunjukkan Kartu Identitas Anak. Medcom.id/Antonio

Bekasi: Pemerintah Kota Bekasi meluncurkan Kartu Identitas Anak (KIA) pada Senin, 17 Desember 2018. Kartu itu akan menjadi bukti diri anak yang berusia kurang dan 17 tahun dan belum menikah.

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi mengatakan, pihaknya meluncurkan sebanyak 10 ribu KIA pada tahun ini. Kartu yang diterbitkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten/kota tersebut dapat dibuat di masing–masing kecamatan.
 
“Sudah kita launching (luncurkan), ada stoknya 10 ribu,” kata dia di Bekasi, Senin 17 Desember 2018.

Dirinya mengharapkan para orang tua segera membuat kartu legalitas anaknya agar terdaftar sebagai warga negara Indonesia, selain akta lahir sebagai pedoman untuk anak.

Untuk pembuatan, kata dia, orang tua perlu membawa Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga yang tercantum nama anak berikut foto berukuran 2x3.

Di dalam kartu tersebut, ada beberapa data anak yang tidak berbeda dengan KTP el seperti nomor induk. Hanya saja ditambahkan nama orang tua dari anak.

"Insyaallah tahun depan akan kita cetak sesuai dengan jumlah anak dengan batasan umur 17 tahun ke bawah," ujarnya.

Proses pembuatan kartu tersebut sudah bisa dimulai seiring dengan keluarnya peraturan Menteri Dalam Negeri yang mewajibkan semua anak memiliki identitas diri. Mulai tahun 2016 seluruh anak wajib memiliki KTP dalam bentuk Kartu Identitas Anak (KIA). Segala ketentuan dan kebijakan mengenai KIA ini mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Permendagri Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Kartu Identitas Anak.


(SUR)