Korban Selamat Penembakan di Papua Kembali ke Garut

P Aditya Prakasa    •    Selasa, 11 Dec 2018 14:39 WIB
Pembunuhan Puluhan Pekerja di Papua
Korban Selamat Penembakan di Papua Kembali ke Garut
Irawan Maulana (jaket biru) bersama keluarga didampingi Kapolda Jawa Barat Irjen Agung Budi Maryoto saat melakukan konferensi pers di Markas Polda Jawa Barat, Selasa, 11 Desember 2018. Medcom.id/ P Aditya Prakasa.

Bandung: Warga Kabupaten Garut, Irawan Maulana, 22, yang menjadi korban penembakan kelompok bersenjata di kabupaten Nduga, Papua, akhirnya tiba di Bandung, Jawa Barat. Setelah menempuh perjalanan selama enam jam, akhirnya Irawan bertemu keluarga di Markas Polda Jawa Barat. Kedatangannya pun disambut oleh sang ibu, Uyu, 63.

"Saya sekeluarga berterima kasih atas peran TNI Pori, dalam menyelamatkan anak saya. Dan saya sangat terharu anak saya bisa kembali dengan selamat," kata Uyu sambil menangis haru di hadapan Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto, Selasa, 11 November 2018.

Kepulangan Irawan dikawal langsung oleh Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna yang tiba di Bandara Soekarno Hatta, Selasa pagi pukul 04.00 WIB. Irawan tiba di Bandung dengan menggunakan jaket tebal dan hanya membawa tas selempang.

Sementara itu Agung Budi Maryoto mengatakan, Irawan berhasil kabur dengan selamat dari kejaran anggota KKB. 

"Kami berhasil evakuasi melalui pasukan Sat Brimob yang kami kirimkan ke Papua sebanyak 1 SSK, kebetulan ada informasi warga Garut jadi korban KKB, dan kita cek kebenarannya," jelas Agung.

Usai mempertemukan Irawan dengan keluarga, Polda akan memeriksa kondisi kesehatan psikisnya.

"Kesehatannya secara fisik Alhamdulillah sehat, untuk psikologis kita beri pendampingan melalui trauma healing agar kondisi psikisnya bisa kembali," jelas Agung.


(DEN)