Tagana Diturunkan Tangani Pengikut Dimas Kanjeng Taat Pribadi

Roni Kurniawan    •    Selasa, 11 Oct 2016 15:54 WIB
dimas kanjeng taat pribadi
Tagana Diturunkan Tangani Pengikut Dimas Kanjeng Taat Pribadi
Mensos di sebuah kegiatan di Bandung, MTVN - Roni Kurniawan

Metrotvnews.com, Bandung: Menteri Sosial Khofifah Indar Parawangsa akan menurunkan tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) untuk mendampingi korban penipuan Dimas Kanjeng Taat Pribadi. Sebanyak 3.200 anggota Tagana siap terbang ke Probolinggo, Jawa Timur.

Hingga berita ini dimuat, Selasa 11 Oktober, ratusan pengikut masih bertahan di Padepokan Dimas Kanjeng Taat Pribadi di Probolinggo. Namun mereka masih tertutup terkait dugaan penipuan yang dilakukan pada Taat Pribadi.

"Jadi, 3.200 anggota Tagana itu memiliki keterampilan menangani psikososial," kata Khofifah usai menghadiri sebuah kegiatan di Sabuga, Jalan Ganesha, Kota Bandung, Jawa Barat.

Khofifah mengakui telah mengirimkan 40 anggota ke Probolinggo. Pengiriman dilakukan pada empat hari lalu. Mereka berbaur dengan pengikut Taat Pribadi.

Kemensos juga memfasilitasi pengikut yang ingin pulang ke kampung halaman namun mereka tak memiliki biaya. Kemensos menyediakan transportasi bus bagi pengikut yang tinggal di Pulau Jawa.

"Kalau di luar Jawa menggunakan kapal milik PT Pelni," tuturnya.

Kemensos, kata Khofifah, menganggap dugaan penipuan di Padepokan Dimas Kanjeng Taat Pribadi sebagai bencana sosial berskala nasional. Sebab, korbannya mencapai ribuan orang.

"Karena Pemerintah Kabupaten Probolinggo juga sudah menyatakan ini merupakan bencana sosial karena korbannya banyak dan dari berbagai daerah," pungkasnya.


(RRN)