Cegah Gangguan Listrik, PLN Cirebon Pantau Pohon

Ahmad Rofahan    •    Rabu, 15 Nov 2017 12:32 WIB
cuaca ekstrem
Cegah Gangguan Listrik, PLN Cirebon Pantau Pohon
Tiang listrik tumbang tertimpa pohon roboh akibat angin kencang. Foto: Metrotvnews.com/Ahmad Rofahan

Cirebon: Aliran listrik di wilayah Haurgeulis Indramayu mengalami gangguan dua hari yang lalu. Hal ini terjadi karena dua tiang listrik tumbang tertimpa pohon roboh akibat angin kencang.

Untuk mengantisipasi hal serupa tak terjadi kembali, PLN Area Cirebon memantau pohon yang lokasinya berdekatan dengan aliran listrik.

"Jika dirasa membahayakan, maka akan ditebang," kata Humas PLN Area Cirebon, Amir Mahmud, Rabu 15 November 2017.

Menurut Amir, pihaknya sudah mengintruksikan kepada seluruh rayon PLN yang berada dinaungannya, yaitu di wilayah Kota Cirebon, Kab Cirebon, Indramayu dan Kuningan, untuk memantau pohon yang membahayakan aliran listrik.

"Petugas dalam beberapa hari ini rutin keliling untuk melihat potensi gangguan listrik akibat cuaca ekstrem," kata Amir.

Amir mengatakan, cuaca di Cirebon dan sekitarnya dalam beberapa hari ini, memang cukup susah diprediksi. Namun, cuaca ekstrem cukup sering terjadi.

"Sekarang hujan besar dan angin kencang lebih sering terjadi. Jadi kita harus lebih waspada," kata Amir.

Amir menegaskan, untuk saat ini pihaknya baru mendapatkan laporan gangguan akibat tumbangnya dua tiang di Haurgeulis akibat pohon roboh. Ia berharap, tidak ada lagi gangguan listrik yang diakibatkan kondisi cuaca ekstrem yang saat ini terjadi.


(SUR)