BPDB Majalengka Survei Wilayah Rawan Bencana

Ahmad Rofahan    •    Rabu, 11 Oct 2017 15:32 WIB
bencana
BPDB Majalengka Survei Wilayah Rawan Bencana
Ilustrasi -- MI/Adi Kristan

Metrotvnews.com, Majalengka: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Majalengka, Jawa Barat, survei di sejumlah wilayah rawan bencana. Survei dilakukan sebagai antisipasi terjadinya bencana saat musim hujan.

"Nanti kita teliti kondisi tanahnya, kondisi geologi, dan lainnya," kata Sekretaris BPBD Majalengka Mahmud, Rabu 11 Oktober 2017.

Mahmud menjelaskan, ada 15 kecamatan di Kabupaten Majalengkan yang masuk dalam wilayah rawan lonsgor. Wilayah tersebut berada di daerah pegunungan yang berlokasi di wilayah selatan Majalengka.

Menurut Mahmud, longsor yang terjadi di Majalengka lebih banyak karena kondisi tanah yang labil. " Selain itu, banyak juga karena alih fungsi lahan dan penebangan pohon," lanjutnya.

Kabupaten Majalengka juga memiliki sejumlah wilayah yang rawan banjir. Wilayah rawan banjir berada di Majalengka bagian tengah dan utara.

Saat ini, lanjut Mahmud, Pemkab Majalengka sudah melakukan sejumlah perbaikan sebagai salah satu bentuk antisipasi terjadinya bencana. "Kami sudah melakukan perbaikan jalan, irigasi, penahan tebing, dan tembok penahan tanah," katanya.

BPDB Majalengka sudah mengedarkan surat imbauan kepada setiap kecamatan dan desa agar melakukan antisipasi adanya bencana. Selain itu, BPBD juga meminta masyarakat proaktif melaporkan dan bergotong royong memperbaiki wilayahnya masing-masing.

"Diharapkan masyarakat bisa bersama-sama menjaga lingkungannya," pungkas Mahmud.


(NIN)