Uji Coba Ganjil Genap di Tol Tangerang Diterapkan Selama Sebulan

Hendrik Simorangkir    •    Minggu, 15 Apr 2018 21:52 WIB
sistem ganjil genap
Uji Coba Ganjil Genap di Tol Tangerang Diterapkan Selama Sebulan
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau proyek pembangunan jalur penghubung landasan pacu di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang -- Foto: MEdcom.id/ Hendrik Simorangkir

Tangerang: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan penerapan uji coba aturan ganjil genap di tol Tangerang menuju Jakarta, akan dilakukan selama satu bulam. Uji coba akan dimulai pada esok hari Senin 16 April 2018.

"Uji coba akan dilakukan selama satu bulan. Kalau nantinya uji coba tersebut berjalan lancar, selanjutnya akan diberlakukan secara tetap dengan aturan-aturan yang ada," ujar Budi saat meninjau proyek pembangunan jalur penghubung landasan pacu Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu 15 April 2018.

Ia menjelaskan, pihaknya masih terus mengkaji aturan tersebut untuk tol Tangerang-Jakarta. "Kita masih identifikasi tepat atau tidaknya aturan ini diberlakukan di Tangerang. Nanti, kalau sudah tepat, pastinya ada larangan seperti dilarang lewat kendaraan dengan sumbu tiga," katanya.

Menhub pun optimistis, uji coba yang akan dilakukan esok hari berjalan lancar dan sesuai dengan harapan.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono menjelaskan penerapan aturan ganjil genap berada di wilayah hukumnya. Kepolisian akan melakukan tindakan persuasif.

"Sejauh ini tindakan yang akan kami ambil bersifat persuasif, karena masih uji coba. Sementara, untuk personel sendiri akan bersifat situasional, jadi kita akan back-up berapa pun personel yang dibutuhkan," jelas Argo.

Selain penerapan aturan ganjil genap di tol Tangerang 2 dan tol Kunciran, diterapkan pula larangan angkutan barang melewati ruas jalur tol Cikupa mulai pukul 06.00-09.00 WIB.

 


(Des)