Duka di Kediaman Polisi Korban Kerusuhan Mako Brimob

Antonio    •    Rabu, 09 May 2018 19:25 WIB
kerusuhan penjara
Duka di Kediaman Polisi Korban Kerusuhan Mako Brimob
Suasana kediaman almarhum Brigpol Luar Biasa Anumerta Fandy Setyo Nugroho. Medcom.id/Antonio

Bekasi: Suasana duka tampak menyelimuti kediaman Brigpol Luar Biasa Anumerta Fandy Setyo Nugroho. Dia menjadi satu dari lima polisi yang gugur dalam bentrokan dengan tahanan di Mako Brimob, Depok, Jawa Barat.

Rumahnya yang berada di Kompleks Polri, Jatirangga, Jatiasih, Kota Bekasi, mulai didatangi oleh sejumlah warga. Hening, begitu suasana kediaman almarhum Fandy.

Bagian depan rumah dengan cat berwarna putih hijau sudah dipasangi bendera berwarna kuning. Kursi sudah tersusun rapih di bagian luar rumah. Sementara, di bagian dalam rumah telah terpasang karpet.

Sekitar 100 meter jalan menuju rumah ditutup. Saat ini, sejumlah warga terlihat menunggu jenazah korban sampai di rumah duka. Berdasarkan informasi dari polisi yang berjaga di kediaman, jenazah korban sudah keluar Pintu Tol Jatiwarna. Diperkirakan sekitar 15 menit lagi jenazah korban sampai di rumah duka.

"Kabarnya jenazah sudah diberangkatkan dari Rumah Sakit Polri menuju Bekasi," kata salah satu warga, Gea, di lokasi, Rabu, 9 April 2018.

Ia belum tahu bagaimana kronologis gugurnya Fandi dalam insiden di Mako Brimob. "Saya masih menunggu kabar resmi. Komunikasi hanya dengan sambungan telepon," katanya.

Baca: Lima Polisi yang Gugur di Mako Brimob

Berdasarkan Telegram Kapolri Nomor STR/264/V/HUM.1.1/2018 yang diterima wartawan, lima anggota Polri yang gugur dalam insiden ini mendapatkan kenaikan pangkat menjadi Pangkat Luar Biasa Anumerta.
 
Lima anggota Polri itu adalah, Iptu Luar Biasa Anumerta Yudi Rospuji Siswanto. Ia sebelumnya bertugas di Densus 88 Antiteror Polri. Kedua, Aipda Luar Biasa Anumerta Denny Setiadi. Ia sebelumnya bertugas di Polda Metro Jaya.
 
Ketiga, Brigpol Luar Biasa Anumerta Fandy Setyo Nugroho. Ia sebelimnya bertugas di Densus 88 Antiteror Polri. Keempat, Briptu Luar Biasa Anumerta Syukron Fadhli. Ia sebelumnya bertugas di Densus 88 Antiteror Polri. Terakhir, Briptu Luar Biasa Anumerta Wahyu Catur Pamungkas. Ia sebelumnya bertugas di Densus 88 Antiteror Polri.
 
Kerusuhan terjadi di Rutan Mako Brimob Kelapa Dua Depok pada Selasa, 8 Mei 2018, malam.Informasi yang dihimpun, kerusuhan melibatkan narapidana teroris dengan anggota Densus 88.

Baca: 5 Polisi Tewas dalam Kerusuhan di Mako Brimob


(SUR)