Pemprov Jabar Mulai Siagakan Petugas di Pesisir Pantai

Roni Kurniawan    •    Kamis, 27 Dec 2018 12:09 WIB
bencana alam
Pemprov Jabar Mulai Siagakan Petugas di Pesisir Pantai
Drum penjual bensin eceran yang tertinggal di lokasi bencana tsunami di kawasan Carita, Banten, Senin (24/12/2018). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay.

Bandung: Pemerintah Provinsi Jawa Barat sedang mengantisipasi bencana tsunami di pantai selatan dan pantai utara. Bahkan Pemprov Jabar telah menyiagakan petugas gabungan di wilayah-wilayah yang prediksi akan terdampak sunami.

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, pihaknya telah mengumpulkan seluruh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) se-Jabar untuk siap siaga di wilayah yang berpotensi bencana.

"Sudah kami lakukan rapat koordinasi dengan seluruh BPBD se-Jabar. Pertama mengantisipasi, kedua waspada, ketiga kita persiapan dan memberikan penjelasan kepada masyarakat tentang bahaya terjadi bencana dan penyebabnya," kata Uu di Pusdai Jawa Barat, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis, 27 Desember 2018.

Mantan Bupati Tasikmalaya ini menjelaskan, petugas gabungan baik untuk evakuasi maupun tenaga medis disiap siagakan di wilayah yang rawan terjadi bencana terutama pesisir pantai Jabar.

Uu mencatat, ada beberapa wilayah yang menjadi perhatian khusus, di antaranya Pangandaran, Tasikmalaya, Cirebon, dan Indramayu yang notabennya berdekatan dengan laut.

"Kami memberikan petugas disaat libur panjang para petugas disiapkan dari berbagai instansi, daerah, termasuk provinsi di tempat-tempat yang dianggap rawan bencana, dan itu sudah disebar. Kami juga sudah mempersiapkan alat-alat seadanya, dan ditugaskan kepada daerah, termasuk kesehatan," ungkap Uu.

Namun Uu mengimbau masyarakat untuk tidak panik dan tetap tenang. Hal itu pun diungkapkan Uu bagi wisatawan agar tetap menikmati liburan menyambut tahun baru di Jabar.

"Saya kira jangan was-was, silahkan untuk berdaemawisata," pungkas Uu.


(DEN)